1.731 PMI Asal Lampung Telah Dipulangkan

Selama pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung mencatat per 18 Mei terdapat 1731 Pekerja Mirgan Indonesia (PMI) asal Lampung yang telah dipulangkan ke kampung halamannya.


Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Lukmansyah dari 1731 PMI tersebut, 1613 PMI pulang karena habis kontrak.

"PMI prosedural karena habis kontrak ada 1613 orang, ABK Kapal 11 orang dan lain ada 7.orang," kata Lukmansyah kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (18/5).

Sedangkan PMI unprosedural ada 39 orang yang terdiri dari 8 orang karena meninggal, 3 orang sakit, 1 orang karena tidak betah.

"Melarikan diri 1 orang, beban kerja terlalu berat 2 orang, didepotasi 23 orang dan lain 1 orang. Ada juga 61 orang masih calon PMI," jelasnya.

Secara terpisaha Kepala BP3TKI Lampung, Ahmad Salabi menjelaskan ada beberapa titik kepulangan PMI baik melalui darat maupun udara.

"Kalau melalui darat itu ada Tanjung Bintang, Nunukan dan Dumai. Sedangkan untuk udara cuma dua yaitu Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai," jelasnya

Menurutnya, BP3TKI Lampung bersama BP2MI se-Indonesia telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 di masing-masing provinsi untuk mengurus kepulangan PMI ke kampung halaman.

"Setiba di titik kepulangan mereka wajib rapid test, setelah itu mereka wajib di isolasi mandiri di titik pulangan selama 14 hari. Baru kemudian di distibusikan ke halamannya dengan membawa surat keterangan sehat," ujarnya.