126.184 Investor Pasar Modal di Lampung Didominasi ASN Hingga Pelajar SMA

Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto/Ist
Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto/Ist

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung mencatat, berdasarkan Single Investor Identification (SID) hingga Agustus 2021 terdapat 126.184 investor di Lampung. 


Ratusan ribu investor di Lampung tersebut didominasi oleh pegawai swasta, ASN, guru atau dosen, dan pelajar SMA serta mahasiswa.

"Ada 126.184 investor. Jumlah investor di Provinsi Lampung ini terbanyak ke 8 secara nasional," kata Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto dalam kegiatan Investival (Indonesia Investment Festival), di Swissbell Hotel, Senin (25/10).

Namun, sangat disayangkan pencapaian tersebut masih menunjukkan bahwa masyarakat di Provinsi Lampung belum terlalu melirik industri pasar modal sehingga pangsa industri pasar modal relatif kecil atau sedikit.

"Pangsa industri pasar modal di Lampung jika dibandingkan dengan industri perbankan dan industri keuangan non bank lainnya masih relatif kecil karena belum banyak yang melirik pasar modal," katanya.

Maka dari itu, untuk meningkatkan jumlah investor pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Provinsi Lampung menawarkan pendirian Galeri Investasi baik di Perguruan Tinggi maupun sekolah sebagai sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi. 

"Diharapkan Galeri Investasi ini tidak hanya memperkenalkan pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya sehingga mampu dan menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan praktek di Pasar Modal," ujarnya.

“Kepada masyarakat baik itu akademisi dan guru untuk dapat memberikan pemahama, memotivasi siswa untuk mengenal industri pasar modal dan belajar berinvestasi sejak dini sehingga dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk berinvestasi dan bertransaksi di industri pasar modal," tutupnya.