23 Juli, Hasil Uji Lab Mie Ayam Diduga Penyebab Keracunan Diketahui

Dinas Kesehatan Pesawaran/ Rama
Dinas Kesehatan Pesawaran/ Rama

Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung sedang melakukan uji lab terhadap mie ayam penyebab puluhan warga Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Mie ayam itu diduga tercemar bakteri.


Disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Surveilans Dan Imunisasi Helda, mewakili Tim Peneliti Labkesda Provinsi Lampung, pihaknya sedang melakukan uji lab terhadap mie ayam yang diduga tercemar bakteri.

"Standar pengujian dilakukan sekitar enam sampai tujuh hari, kemungkinan mie ayam setelah dilakukan pemeriksaan diduga mengandung atau tercemar bakteri," kata Helda, melalui sambungan telepon, Rabu (20/7).

Kemudian, lanjut Helda, tetap ada kemungkinan terkontaminasi bakteri saat sampel diambil atau pun dalam perjalanan ke laboratorium.

"Jadi bukan hanya bakteri penyebab keracunan, tapi ada juga kontaminasi saat proses transportasi sampel, dari mulai diambil dari lokasi sampai dengan ke laboratorium," ujarnya.

Ia juga mengatakan, karena kemumgkinan ada tercemar bakteri maka akan dilakukan pengujian dengan metode ditanam atau dikembangbiakkan.

"Ya mudah-mudahan, hari Sabtu (23/7) mendatang, hasilnya sudah dapat kita ketahui," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran mengambil sampel makanan mie ayam yang diduga telah membuat puluhan warga Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon keracunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Media Apriliana diwakili Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Helda mengatakan, sampel makanan mie ayam telah kita ambil pada Minggu (17/7) kemarin. Dan pihaknya telah mengirimkan sampel makanan tersebut ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung.

"Sampel makanan berupa mie ayam telah kita ambil kemarin (Minggu, 17/7). Dan hari ini akan kita segera kirim ke Labkesda Provinsi," kata Helda, Senin (18/7).