23 Partai Politik di Bandar Lampung Ikuti Sosialisasi PKPU No 4 Tahun 2022

Sosialisasi KPU Bandar Lampung / Faiza
Sosialisasi KPU Bandar Lampung / Faiza

KPU Bandar Lampung menggelar sosialisasi dua Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dengan dihadiri 23 partai politik, Bawaslu dan stakeholder lainnya di Hotel Whizprime, Jumat (29/7).


Di antaranya PKPU nomor 3 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024 dan PKPU nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Komisioner KPU Lampung Agus Riyanto mengatakan, tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024 akan dimulai pada 1-14 Agustus 2022. 

Partai politik yang sudah bisa mendaftar harus memiliki akun sistem informasi partai politik (Sipol) dan sudah ada 38 partai politik yang terdaftar.

"Proses pendaftaran parpol terpusat di KPU RI, selain Sipol dan juga aplikasi Lindungi Hakmu yang saling berkaitan dan harus dipahami oleh partai politik," katanya.

Setelah verifikasi administrasi, verifikasi faktual bagi partai politik non parlemen akan dibantu oleh KPU provinsi dan KPU Kabupaten kota. Datanya berasal dari Sipol yang diunggah tiap partai politik.

Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triyadi menambahkan, verifikasi administrasi dijadwalkan pada 2 Agustus - 11 September 2022," katanya.

Materi yang diverifikasi administrasi, berupa kepengurusan yang dibuktikan dengan surat keputusan (SK) pusat, diakui oleh Kemenkumham, setelah itu keanggotaan.

"Jika ada KTA ganda eksternal dan internal dalam keanggotaan partai, maka KPU mengkonfirmasi dan meminta menghadirkan orang tersebut," ujar Dedy Triadi.

Khusus partai baru dan non parlemen, akan dilakukan verifikasi faktual dilaksanakan mulai 15 Oktober- 4 November 2022.