40 Anak KPM PKH Lamsel Ikuti Pembinaan Lanjut Kuliah

Pembinaan lanjut kuliah/Ist
Pembinaan lanjut kuliah/Ist

Gerakan Ayo Kuliah (GAK) bersama Pendamping Sosial PKH Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan melakukan giat inovasi pembinaan lanjut kuliah bagi anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Balai Desa Marga Agung.


Ketua pelaksana, Risandi Koswara mengatakan kegiatan ini di ikuti oleh 40 anak KPM PKH kelas XII yang berasal dari Kecamatan Jati Agung dan sekitarnya, dengan mengangkat tema “Anak PKH: Semua Bisa Kuliah".

“Sengaja kami melakukan giat ini lebih awal, agar persiapan anak PKH lebih mantap,” kata Risandi yang juga mahasiswa PKH asal Tanggamus, Senin (17/10).

Menurutnya, ia akan melakukan tour ke-15 kabupaten/kota untuk mengedukasi dan memotivasi anak KPM PKH agar mau berkuliah. Nantinya ia akan bersinergi dengan pemerintah daerah, dinas sosial, SDM PKH serta volunteer GAK.

Perlu di ketahui, ada sekitar 612 anak PKH Lampung berhasil melanjut pendidikan di jenjang kuliah sejak 2017 hingga 2022. Sebagian besar mendapat dukungan KIP Kuliah atau Bidikmisi.

“Semoga tahun 2023, jumlahnnya terus meningkat. Hal ini akan berdampak positif terhadap kulitas SDM keluarga PKH, hingga akhirnya memutus mata rantai kemiskinan keluarga KPM PKH,” ujarnya. 

Sementara itu, Korkab PKH Kabupaten Lampung Selatan, Bejo Sungkowo menyambut baik giat kolaborasi ini. Ia berharap ke depan ada lebih banyak anak PKH Lampung Selatan bisa kuliah.

"SDM PKH Lampung Selatan sangat aktif melakukan pembinaan seperti ini. Kami sudah beberapa kali melakukan giat seperti ini, dan terbukti efektif mendorong anak PKH lanjut kuliah, jelasnya.