40 Pelaku IKM Kedai Kopi Lampung Ikuti Internasional Coffee Day 2021

Suasana  Internasional Coffee Day (IDC) 2021 di Lapangan Gatam Enggal Bandarlampung/ Vera Afrianti
Suasana  Internasional Coffee Day (IDC) 2021 di Lapangan Gatam Enggal Bandarlampung/ Vera Afrianti

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung mengadakan Internasional Coffee Day (IDC) 2021. Sebanyak 40 pelaku industri kecil menengah (IKM) kedai kopi Lampung mengikuti kegiatan yang dihelat di Lapangan Gatam Saburai, BandarLampung, Sabtu (2/10).


40 pelaku IKM kedai kopi berasal dari Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Kota Bandarlampung, Waykanan dan Tanggamus.

"Perayaan kopi internasional hari ini diikuti oleh 40 IKM kedai kopi dan 104 peserta lomba video kopi. Kemudian para pelaku IKM ini nantinya akan membagikan 10 ribu kap kopi gratis di 15 titik di seluruh provinsi Lampung," kata Kadisperindag Lampung Elvira Umihanni.

Tujuan penyelenggaraan Internasional Coffee Day yaitu untuk meningkatkan konsumsi atau permintaan kopi di Lampung baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

"Upaya untuk menyebarluaskan branding kopi robusta Lampung serta peningkatan konsumsi domestik kopi bubuk diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi IKM dan para petani kopi yang melakukan pengolahan kopi pasca panen," ujar Elvira.

Ia berharap dengan adanya Internasional Coffee Day dapat meningkatkan angka konsumsi kopi di Lampung dan para pelaku IKM harus lebih mengembangkan kopi baik dari aspek budidaya, pengolahan bahkan pemasaran produk.

"Yang ingin dicapai dalam kegiatan ini memperkuat budidaya minum kopi sehingga meningkatkan angka konsumsi kopi di Lampung, membangun sinergi antara pemerintah daerah, pelaku IKM dan lainnya," harapnya.

"Serta memotivasi petani untuk terus berproduksi meningkatkan produktivitas dan standar kualitas panen kopinya, meningkatkan kepedulian terhadap petani dan pelaku IKM kopi," pungkasnya.