65 Jemaah Haji Asal Pesawaran Dijadwalkan Pulang 30 Juli

Jemaah haji asal Kota Bandar Lampung kloter pertama Lampung tiba di Asrama Haji Rajabasa, Senin (18/7)/ Ist
Jemaah haji asal Kota Bandar Lampung kloter pertama Lampung tiba di Asrama Haji Rajabasa, Senin (18/7)/ Ist

Sebanyak 65 Jemaah Haji asal Kabupaten Pesawaran, dijadwalkan kembali ke tanah air pada 30 Juli mendatang.


Disampaikan Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesawaran yang diwakili Kasi Haji dan Umroh Paiman, 65 jamaah asal Pesawaran itu akan dipulangkan pada kelompok terbang (kloter) 23 bersamaan dengan jamaah haji dari beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Lampung. 

"Kalau sesuai dengan jadwal yang diberikan kepada kami, tanggal 30 Juli mendatang mereka baru sampai ke Indonesia, bersamaan dengan jamaah haji asal Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, dan Metro," kata Paiman, Senin (18/7).

Dikatakan, nantinya ke 65 jamaah ini akan disusul oleh petugas Kemenag Pesawaran di Islamic center Bandar Lampung, untuk diantar ke Islamic Center Pesawaran.

"Tanggung jawab untuk menjemput mereka, dari Bandar Lampung itu kami, jadi seluruh keluarga jamaah nantinya akan menjemput di Pesawaran saja," ujarnya.

Kemudian, lanjut Paiman, untuk para jamaah yang baru pulang dari tanah suci, akan langsung diperbolehkan untuk kembali ke rumah masing-masing, dan tidak ada karantina yang dilakukan.

"Tidak ada karantina, tetapi Dinas Kesehatan setempat, melalui Puskesmas agar dapat memantau kesehatan para jamaah, dikhawatirkan ada varian baru dari para jamaah dan segera dapat ditangani oleh petugas medis apabila timbul gejala-gejala dari para jamaah yang pulang," kata dia.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, untuk meminta para petugas Puskesmas di beberapa kecamatan yang berada di lingkungan rumah jamaah haji yang baru pulang agar bisa melakukan pemantauan kesehatannya," tambahnya.