68 Pilkakon di Tanggamus Diperkirakan Juni 2022

Catur Gunawan, Kepala Bidang (Kabid) Tata Pemerintahan Pekon Dinas PMD/ Zairi
Catur Gunawan, Kepala Bidang (Kabid) Tata Pemerintahan Pekon Dinas PMD/ Zairi

Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak di Kabupaten Tanggamus tahun 2022 yang akan diikuti sebanyak 68 Pekon dari 18 Kecamatan, diperkirakan digelar pada Juni mendatang.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arpin melalui Catur Gunawan, Kepala Bidang (Kabid) Tata Pemerintahan Pekon. 

Menurut dia, Pilkakon serentak tahun ini ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Tanggamus.

Sampai saat ini Dinas PMD belum membahas regulasi, tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkakon serentak tahun ini, yang akan di ikuti 68 pekon dari 18 kecamatan se-tanggamus. Karena sampai saat ini perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2015 tersebut belum di undangkan.

Catur Gunawan menjelaskan, estimasi waktu pelaksanaannya antara bulan Mei atau bulan Juni mendatang, setalah ada surat keputusan Bupati dan Peraturan Bupati (Perbub) tentang pelaksanaan pilkakon serentak. Tepatnya setelah Peraturan Daerah (Perda) tersebut di undangkan.

"Fasilitasi Ranperda sudah turun dari Provinsi, namun sampai saat ini belum di undangkan. Demikian juga dengan Peraturan Bupati Tanggamus tentang tatacara pemilihan dan pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala pekon," jelasnya kepada kantor berita RMOLLampung, Rabu (12/1). 

Ditambahkannya, Bupati telah melantik 66 Penjabat Kepala dari 17 Kecamatan. Karena sebelumnya ada dua pekon yang sudah di pimpin oleh Penjabat Penganti Antar Waktu (PAW) yaitu, Pekon Kiluannegeri Kecamatan Kelumbayan, dan Pekon Gunungsari Kecamatan Ulubelu, sehingga pada pelaksanaan pilkakon nanti akan diikuti sebanyak 68 pekon dari 18 kecamatan, dari 20 kecamatan se-Tanggamus. 

Dirinya menghimbau, kepada Bakal Calon Kepala Pekon (Balon Kakon) untuk bersabar menungu semua regulasi serta tahapan-tahapan pelaksanaan pilkakon selesai. 

Dirinya juga menghimbau kepada semua bakal calon kepala pekon untuk mempersiapkan segala persaratan, sesuai aturan dan tepat waktu saat nantinya dibutuhkan.