Juanda Naim Kunjungi Akreditasi A MAN 1 Tanggamus

Juanda Namin didampingi Kepsek MAN I Tanggamus Drs. Nauval menyempatkan diri mampir ke MAN berakreditasi A/Foto Ist
Juanda Namin didampingi Kepsek MAN I Tanggamus Drs. Nauval menyempatkan diri mampir ke MAN berakreditasi A/Foto Ist

Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, MH beserta rombongan menyempatkan diri berkunjung ke MAN 1 Kabupaten Tanggamus, Rabu (9/9).


Juanda Naim menyempatkan diri mampir ke MAN 1 Tanggamus setelah acara pembinaan ASN di Kemenag Tanggamus sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pesisir Barat.

Di MAN 1 Tanggamus, Juanda ingin melihat tenaga pendidik dan meninjau ruang perpustakaan. Dia sempat menanyakan kunjungan siswa terkait pemanfaatan buku-buku perpustakaan . 

"Kami berterimakasih atas kunjungan Pak Kakanwil. Semoga makin memotivasi proses pembelajaran di sekolah kami," kata Kepala MAN 1 Tanggamus Drs. Nauval.

Nauval bersyukur sekolah yang dipimpinnya berhasil mendapatkan Akreditasi A, pertengahan tahun lalu, sebagai satu-satunya madrasah negeri setingkat SMA di Kabupaten Tanggamus.

"Hal itu merupakan capaian tertinggi bagi civitas akademik MAN 1 Tanggamus dengan nilai sangat baik, 94," kata kepala sekolah yang sudah berpengalaman memimpin beberapa sekolah.

Pembinaan ASN

Kepala MTs Negeri 1 Tanggamus Fathul Bari, S.Pd., M.Pd. I bersama Kepala Tata Usaha Sukmaidi, M.Pd menghadiri acara silaturahmi dan pembinaan aparatur sipil negara (ASN) bersama Juanda Naim di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus.

Pada kegiatan silaturahmi dan pembinaan ASN ini, Juanda Naim beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Bapak Drs. H. Murdi Amin, M.Ag bersama Kepala Subbag dan para Kasi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus Bapak Drs. H. Murdi Amin, M.Ag
menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasihnya kepada Kakanwil di Bumi Begawi Jejama.

Juanda Naim mengatakan seluruh ASN Kementerian Agama harus mampu mengembangkan inovasi, kreativitas dan potensi diri sesuai tupoksi di bidangnya masing-masing.

Selanjutnya Kakanwil juga mengharapkan madrasah, siswa tidak hanya difokuskan ke tahfidzul quran tetapi juga bisa diarahkan untuk bisa belajar tilawatil quran. 

Di akhir acara, Kakanwil mengungkapkan rasa bahagianya atas sambutan yang disajikan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus dan berharap sambutan dengan penuh kearifan lokal seperti ini dapat terus dipertahankan.

Akriditasi A

Nouval berhasil menorehkan prestasi MAN 1 Kabupaten Tanggamus dengan mendapatkan peringkat Akreditasi A. 

Sebagai satu-satunya madrasah negeri setingkat SMA di Kabupaten Tanggamus tentunya menjadi capaian tertinggi bagi civitas akademik MAN 1 Tanggamus. 

Berdasarkan rilis pengumuman oleh BANSM Provinsi Lampung, akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor 580/BAN-SM/SK/2019 tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Lampung Tahap 1 tanggal 2 Juli 2019.

Dalam surat keputusan tersebut, hasil akreditasi yang diperoleh sangat baik dengan Nilai 94 dan mendapat Peringkat A, tentunya nilai ini sangat memuaskan karena sebelumnya Akreditasi MAN 1 Tanggamus (dulu MAN Kotaagung, red) adalah B.

MAN 1 Tanggamus telah melalui tahapan-tahapan dalam proses Akreditasi Tahun 2019, dan telah dilakukan visitasi oleh Tim BANSM Provinsi Lampung pada 9 s.d 10 Mei 2019 lalu.

“Dengan susah payah dan penuh perjuangan, Alhamdullilah suksem menyiapkan segala kebutuhan Madrasah untuk mensukseskan akreditasi tersebut, semoga kita lebih baik lagi menghadapi kedepan” ujar Noval.

Ketua Tim Akreditasi MAN 1 Tanggamus Arief Budiman, M.Pd mengatakan akreditasi ini membanggakan, karena sudah lama diperjuangkan untuk mendapatkannya.