Ada Di Belanda, Bukti Kepemilikan 300 Juta M2 Lahan KAI


RMOL. Arsip kepemilikan lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) ada 300 juta meter persegi dalam 17 ribu lebih akte tersimpan dengan baik di bagian kearsipan Pemerintah Belanda.
Â'
Pemerintah Negeri Kincir Angin itu menyimpan secara terpisah antara besluit (surat kepemilikan lahan) dengan groundkaart (peta tanah) di Den Haag, Belanda.
Untuk memulangkan arsip-arsip kepemilikan lahan tersebut, Pemerintah Belanda menginginkan adanya perjanjian antarnegara, G to G (government to government),├óÔé¼┬Ø jelas Dr. Harto Juwono, M.Hum, Staf Ahli Penanganan Aset PT KAI├é' menjawab pertanyaan RMOLLampung di Ruang Pertemuan Stasiun Ambarawa, Jawa Tengah.
Kata Harto yang juga sejarahwan dari Universitas Indonesia (UI), dirinya baru saja kembali dari Belanda (Selasa 1/5) bersama pihak Kepolisian Republik Indonesia.
Kami melihat langsung semua arsip kepemilikan itu. Saya hanya potret pakai telepon genggam beberapa arsip. Tak mungkin memfotokopi arsip asli kepemilihan lahan PT KAI sebanyak itu," terang Hasto, Rabu (2/5).[hms]