AGPAII Lampura Gelar Bimtek Guru Agama, Biaya dari Peserta

Bimtek guru agama/ Efriantoni
Bimtek guru agama/ Efriantoni

Dengan memungut biaya dari peserta, DPD Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Lampung Utara, mengadakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada Guru Agama Islam, di GOR Sukung Kotabumi, Senin (22/8).


Peserta adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berasal dari TK, SD, SMP, SMA/SMK di Lampung Utara. Jumlah peserta Bimtek mencapai 350 orang.

Implementasi dari Bimtek itu, para guru agama Islam diharuskan mampu memperbaiki bacaan Alquran yang kemudian dapat mengajar anak anak ngaji pagi hari di sekolah masing masing.

"Anggaran kita swadaya, bayar masing-masing dari guru (peserta)," jelas Ketua DPD Agpaii, Lampung Utara, Mispa.

Ia menilai, bahwa masih banyak siswa siswi Lulus Sekolah Dasar (SD) di Lampung Utara belum bisa fasih baca Alquran. Maka itu dengan Bimtek ini diharapkan mereka dapat memahami solat dan baca Alquran.

"Di sekolah sekarang ini telah diadakan baca Alquran setiap pagi, ketika baca Alquran itu anak anak masih banyak belum faham, maka itu kami guru ikut bimbingan ini, siswa tamat SD banyak yang belum bisa salat. Maka dengan ini ditargetkan anak anak lulus SD bisa solat dan baca surat pendek," ucap dia.

Diketahui, sebagai Pemateri giat Bimtek baca Tulis Alquran dan sosialisasi kurikulum merdeka saat itu antaranya, dari UIN Bandar Lampung, penjabaran kurikulum merkeka dari Badan Diklat Guru Penggerak, penyuluhan hukum dari Kemenkumham.

Informasi yang didapat, anggaran di kumpulkan dari masing masing peserta sebesar Rp.100.000 untuk guru biasa dan guru bersertifikasi sebesar Rp.150.000. Jika dikalkulasikan maka angka itu mencapai Rp.35 juta. Peserta akan mendapat, makan siang, sertifikat.