Agung Dan Andi Achmad Dikabarkan Positif Covid-19 Di Lapas Rajabasa

Andi Achmad/Ist
Andi Achmad/Ist

Bocoran dari Lapas Kelas 1 Bandarlampung, ada dua mantan bupati, Agung Ilmu Mangkunegara dan Andi Achmad Sampurna Jaya, dikabarkan positif Covid-19 di lapas tersebut tersebut.


"Agung juga positif, Agung mantan bupati Lampung Utara. Kanjeng sudah diisolasi kemarin malam," ujar sumber Kantor Berita RMOLLampung yang tak mau disebutkan identitasnya, Kamis dini hari (27/5).

Menurut sumber yang memeroleh informasi dari dalam tersebut, Agung dan Andi sudah diisolasi sejak dua hari lalu. Selain mereka, katanya, ada 24 dari 47 orang napi tipikor yang sekarang diisolasi karena positif Covid-19.

Lapas Rajabasa, menurut sumber tersebut menyiapkan dua blok, Blok B-1 dan D-2 berkapasitas 200 narapidana disiapkan untuk isolasi tahanan yang positif Covid-19.

"Sementara ini blok B-2 dan D-2 (ruang isolasi). Tadi, sudah nambah lagi Blok A-1 tadi siang," ujarnya.

Dikatakannya, diperkirakan sudah 300 napi yang positif Covid-19. "Bahaya bener kalo lapas atau rutan jadi klaster baru," ujarnya.

Kantor Berita RMOLLampung masih berusaha mengkonfirmasi kabar ini. Lima hari lalu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Maizar tak menepis banyaknya napi yang positif Covid-19.

Kepala UPT Puskesmas Rajabasa Indah, Sunarto merinci dari 123 pegawai dilakukan pemeriksaan tes Covid-19 tiga positif. Sementara, untuk total 209 napi yang ikut diperiksa, 52 napi positif Covid-19.

"Untuk hari ini baru selesai sore tadi, dari 332 di tes 55 orang dinyatakan positif," ujarnua.

Sunarto mengatakan, rapid Antigen massal di Lapas Rajabasa masih akan dilanjutkan Selasa ( 25/5/2021). Hal itu, guna merampungkan 400 alat rapid Antigen dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.