Ahli Gizi Berbagi Tips Diet Tetap Sehat Selama Berpuasa Di Bulan Ramadhan 

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Tak jarang momen berpuasa di Bulan Ramadhan dimanfaatkan sebagain orang untuk melakukan diet. Beribadah tetap berjalan, berat badan juga bisa berkurang. 


Tentu ini menjadi dambaan, tapi praktiknya kadang Bulan Ramadhan membuat berat badan ikut bertambah padahal sudah berpuasa selama 12 jam. 

Ahli gizi dr Tutik Ernawati, MGizi.SpGK, mengatakan, hal itu bisa terjadi jika saat berbuka puasa lagsung digunakan untuk memakan banyak makanan. Seharusnya, hanya perlu makan sedikit saat berbuka. 

"Kalau berbuka jangan langsung dimakan semua, kita minum manis manis, snack ringan, kalau gorengan jangan banyak banyak. Kita solat dulu, abis magrib baru kita makan lengkap," ujarnya, Minggu (18/4)

Ini dilakukan agar lambung tidak langsung mengolah banyak makanan. Pasalnya bisa membuat begah, mual dan kembung. Jika sudah kenyang waktu berbuka, kita akan malas makan besar dan melakukannya setelah tarawih. 

"Habis terawih makan besar setelah itu gak ada aktifitas lain dan masuk jam tidur. Organ tubuh kalau malem fungsinya menurun, makanan tadi akhirnya ditimbun, gak jadi energi, makanya siang merasa kelaparan tapi malam diembat semua, jadi berat badan gampang naik," jelasnya. 

Dokter di Rumah Sakit Tjokrodipo Bandarlampung ini mengatakan, untuk diet selama berpuasa harus memperhatikan asupan yang cukup dan jam makan, kalau bisa diikuti olahraga. 

Pada saat sahur, dr. Tutik menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi lauk hewani karena lebih berserat dan memakan sayuran berdaging seperti labu siam, oyong, terong, dan wortel.

Makanan tersebut memiliki tinggi serat, tidak gampang membuat kembung tapi mengenyangkan. Setelah sahur, ia melarang untuk langsung tidur agar makanan sahur dapat dicerna dulu oleh tubuh. 

"Habis sahur jangan langsung tidur lagi, karena harus diolah dulu, kalau kita tidur kondisi badan rileks jadi organ ikut rileks sementara pencernaan belum selesai, akhirnya produksi gas banyak jadi kembung dan cepat lapar," katanya.