Akademisi Unila: Gubernur Harus Dorong Kerjasama Antar Daerah

Akademisi Universitas Lampung, Hertanto menilai terbitnya surat edaran (SE) Gubernur Lampung tentang larangan ASN memasuki Bandarlampung sebagai salah satu cara tepat memutus penyebaran covid-19.


Namun begitu, menurut Hertanto, gubernur harus juga mendorong kerjasama antar daerah, terutama yang berbatasan langsung dengan Bandarlampung seperti Pesawaran dan Lampung Selatan.

"SE Gubernur punya tujuan baik terkait keadaan darurat zona merah Kota Bandarlampung. Namun, gubernur juga perlu mendorong kerja sama antar daerah untuk saling membantu pencegahan dan penanganan Covid-19," kata Hertanto, Selasa (5/5).

Penerapan social dan pshycal distancing sambung Ketua IKA Undip Lampung ini, harus benar-benar dilakukan terutama dalam hal mobilitas warga.

"Justru karena fakta itu SE Gubernur jadi semacam instruksi untuk ASN menetap di lokasi kerja masing-masing di masa darurat zona merah," ungkapnya.

Untuk diketahui, Senin (4/5) Arinal menerbitkan SE tentang larangan seluruh ASN se Lampung masuk ke zona merah Bandarlampung. SE dituangkan dengan nomor surat No : 045.2/1421/07/2020.