Alasan Sakit, Tersangka Korupsi Wakil DPRD Lampung Timur Akmal Fatoni Ditangguhkan 

Akmal Fatoni/Ist
Akmal Fatoni/Ist

Kejaksaan Negeri Lampung Timur mengabulkan permohonan penangguhan penahan Wakil Ketua I DPRD Lampung Timur Akmal Fatoni yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dana hibah karang taruna tahun 2018.


"Yang bersangkutan ditangguhkan karena sakit," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Sukadana Ariana Yuliastuty melalui Kasie Intel M. Ali Qadri, Jumat (22/10).

Akmal yang juga Ketua Karang Taruna Lamtim ini resmi ditangguhkan Kamis, 21 Oktober lalu. Selain karena sakit, Akmal juga ditangguhkan atas jaminan istri yang bersangkutan dan M. Muslih salah satu pimpinan pondok pesantren di Lamtim.

Akmal juga juga menyerahkan uang jaminan Rp145 juta. Meski begitu, Ali Qodri mengatakan, proses hukum terhadap tersangka tetap berlanjut. 

Saat ini, lanjutnya, proses penyidikan terhadap tersangka masih dalam tahap pengumpulan bukti tambahan. Jika berkas penyidikan sudah lengkap, pihaknya akan segera melakukan pelimpahan ke PN Tanjungkarang, Bandar Lampung. 

Diketahui, anggota Fraksi PKB tersebut ditetapkan sebagai tersangka korupsi dana hibah Karang taruna Lamtim dan langsung ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari), Kamis (23/9).

Berdasarkan perhitungan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Lampung Tertanggal 31 Maret 2021, kerugian negara yang diakibatkan sebesar Rp100.180.000.