Amburadulnya Penyaluran PKH Di Pematang Sawa Tanggamus

Ini bukti amburadulnya penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus.


Warga yang terdata berhak menerima, justru gigit jari. Sedangkan warga yang tak terdata, malah bisa mencarikan dana tersebut.

Salah satu warga miskin yang sempat dihibur pemasangan stiker Bantuan Kesejahteraan Sosial, wargha Pekon Guring, Pematang Sawa, Nukhpiah, ternyata terdaftar sebagai penerima PKH.

Saat Kantor Berita RMOLLampung akan mengonfirmasi ke kabid Bansos, Hartansah, dia tidak ada di ruangannya, begitu juga dengan kasi dan stafnya.

Melalui sambungan telepon, dia mengarahkan untuk konfirmasi kebagian kabid BPNT Andi Kholil. Dia menyarankan ke ruang operator untuk mengkroscek data atas nama Nukhpiah.

Dara Gustina, operator bagian BPNT di Dinas Sosial Tanggamus, kepada media yang mendapatkan surat kuasa untuk mengkroscek data, atas nama Nukhpiah warga Pekon Guring Kecamatan Pematang Sawa, mengatakan berdasarkan database yang ada di Dinsos, Nukhpiah dengan NIK 1806165404500002, masuk Data SIKS-NG Kemensos. Dengan ID DTKS 1802021005000008. No PKH 18020211900002. Terdaftar sebagai penerima PKH.

"Jika namanya ada dalam data ID DTKS, seharusnya yang bersangkutan adalah menerima bantuan tersebut," ucapnya, Kamis (14/5).

Anehnya, berdasarkan data penerima PKH Pekon Guring, ada salah satu warga penerima PKH tapi tidak terdaftar pada data ID DTKS dan tanpa No PKH.

"Tapi bisa mencairkan dana tersebut," jelasnya.

Untuk mengkonfirmasi masalah tersebut, RMOLLampung mencoba menghubungi pendamping PKH Kecamatan Pematang Sawa.

Namun, handponnya tidak aktif, sehingga sampai berita ini diterbitkan belum ada keterangan resminya.