Antisipasi Joki UTBK SBMPTN, Itera Lakukan Screening Berlapis

Screening persen UTBK SBMPTN di Itera/Ist
Screening persen UTBK SBMPTN di Itera/Ist

Institut Teknologi Sumatera (Itera) melakukan screening berlapis pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).


Koordinator Pelaksana UTBK SBMPTN Itera, Alviyanda mengatakan pihaknya melakukan dobel screening untuk upaya pencegahan kecurangan saat pelaksanaan tes. 

"Di depan pintu masuk ada petugas yang melihat kelengkapan dan peserta juga diminta untuk membuka masker untuk memastikan wajahnya sama atau tidak," kata Alviyanda, Selasa (17/5). 

Selain itu, saat ingin memasuki ruang tunggu peserta diperiksa kembali dengan metal detektor, sehingga barang yang mencurigakan dapat terdeteksi. 

"Ditakutkan adanya kecurangan di masker, maka kita minta untuk ganti masker. Kita berikan masker, takutnya ada selipan," ujarnya. 

Menurutnya, dengan rangkaian dobel screening tersebut dapat dipastikan tidak akan ada kecurangan dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN. 

"Kertas coretan dan pensi untuk peserta saintek juga disiapkan oleh panitia, sehingga joki atau kecurangan saat tes diharapkan tidak terjadi," jelasnya.