Antisipasi Penularan Hepatitis Akut, Diskes Imbau Jaga Kebersihan

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri/Tuti
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri/Tuti

Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi penularan Hepatitis akut.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan belum ada kasus Hepatitis akut di Kota Bandar Lampung. Ia berharap kedepannya juga tidak terjadi kasus. 

"Kita imbau masyarakat tetap patuh protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memperhatikan kebersihan lingkungan," kata Desti Mega Putri, Senin (9/5). 

Menurutnya, penyakit menular yang menyerang hati ini belum ada vaksin dan obatnya, sehingga diharapkan orang tua maupun pihak sekolah dapat menjaga kebersihan pada anak. 

"Yang jelas anak-anak belum boleh jajan sembarangan, untuk mencegahnya kami minta untuk membawa bekal makan sendiri agar tidak ada penularan melalui air liur," ujarnya. 

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri mengatakan pihaknya belum melakukan upaya antisipasi Hepatitis akut di sekolah. Rencananya strategi antisipasi baru akan dibahas saat masuk sekolah pada 11 Mei mendatang. 

"11 Mei rencananya PTM 100 persen. Nanti akan kami basah saat masuk nanti," jelasnya.