Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Bandar Lampung Pangkas Pohon Rimbun

Pemasangan pohon di jalan protokol Bandar Lampung/Ist
Pemasangan pohon di jalan protokol Bandar Lampung/Ist

Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pemangkasan pohon yang rimbun, terutama di jalan-jalan protokol. Hal tersebut sebagai antisipasi pohon tumbang saat musim hujan.


"Kita lakukan antisipasi dengan pemangkasan rutin setiap hari, terutama dijalan protokol terhadap pohon yang sudah terlalu rimbun," kata Plt Kepala DLH Riana Afriana, Rabu (29/6).

Menurutnya, pemangkasan pohon juga dilakukan atas dasar laporan masyarakat agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, saat terjadinya angin kenjang maupun hujan lebat.

"Pohon yang tidak bisa diselamatkan kita lakukan penebang. Di bulan Juni ada sekitar 12 pohon yang ditebang," ujarnya. 

Bila dirincikan data pohon yang ditebang yaitu ada 1 pohon Angsana di Jalan Cut Mutia depan asrama TNI AL (keropos). Lalu 1 Pohon jarak berduri di Jalan Kelapa Labuhan Ratu ini karena telah keroak terbakar masyarakat.

Selanjutnya, 1 Pohon Kedondong di Jalan Endro Suratmin yang telah tumbang. Kemudian 1 Pohon Kedondong di Lapangan Saburai dimana perakaran pohon sudah busuk.

Selain itu 2 Pohon Ketapang Laut di Jl. Antasari dimana itu pohon mati. Lalu 2 Pohon kedondong dan 2 pohon mahoni berada di median Jalan Ryakudu.

"Kemudian ada juga 1 Pohon Bungur di median jalan Sultan Agung karena tertabrak mobil. Begitu juga 1 Pohon Nangka di median Jalan ZA. Pagaralam karena tertabrak mobil," jelasnya.