Apdesi Tanggamus Segera Gelar Muscab Pilih Ketua Definitif

Ketua DPD Apdesi Provinsi Lampung, Suhardi Buyung di Kantor Apdesi Tanggamus/ Zairi
Ketua DPD Apdesi Provinsi Lampung, Suhardi Buyung di Kantor Apdesi Tanggamus/ Zairi

Kepala Pekon di Kabupaten Tanggamus segera memiliki ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) definitif. Selama ini, Apdesi dipimpin Plh. Ketua.


Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Apdesi Provinsi Lampung, Suhardi Buyung, saat kunjungan kerja di Kantor Apdesi Tanggamus, Senin (7/6).

Dikatakannya, Tanggamus segera melaksanakan pemilihan Ketua Apdesi. Ada dua versi mekanisme pemilihan yaitu, melalui musyawarah mufakat, apabila tidak disepakti bisa melalaui mekanisme yang menurut aturan Angaran Dasar dan Angaran Rumah Tanga (AD/ART) Apdesi.

"Tadi disepakati akan dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) dengan membentuk panitia pemilihan. Dari 15 perwakilan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) yang hadir, terpilih 6 orang yang akan menjadi panitia pelaksanaan muscab tersebut," jelasnya kepada Kantor Berita RMOLLampung. 

Rencananya, besok SK akan diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Apdesi, panitia diberi waktu satu mingu untuk meyiapkan rancangan dan tata tertip pemilihan, diantaranya sarat milih dan sarat-sarat pencalonan, dan siapa saja yang berhak memilih.

Kemudian panitia membuka penjaringan pencalonan selama satu mingu, setelah penjaringan ditutup panitia melaporkan ke DPD untuk menentukan rencana tangal dan hari pelaksanaan pemilihan. tadi disepakati pelaksanaannya akan diupayakan akhir Juni ini.

"Yang dipilih nanti ketua saja, setelah itu akan dibentuk tim formatur untuk mengatur pengurus dibawahnya, untuk masa jabatan 5 tahun. Kemudian diajukan ke DPD untuk di SKan dan dilakukan pelantikan," ungkapnya.

Rusman, Plh. Ketua Apdesi Tanggamus berharap pelaksanaan muscab nantinya, berjalan aman dan kondusif dan bisa melahirkan ketua Apdesi yang bisa mengayomi dan membawa ke arah yang lebih maju.