Apklindo Lampung Dukung Katalog Elektronik Produk Jasa Keberhasilan

Apklindo rapat dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi Lampung/Tuti
Apklindo rapat dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi Lampung/Tuti

Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (DPP Apklindo) Lampung menyambut baik penerapan katalok elektronik di Provinsi Lampung untuk produk jasa kebersihan. 


Ketua DPP Apklindo Lampung, Ahmad Apriliandi Passa mengatakan Apklindo Lampung mendukung adanya katalok elektronik karena dapat membuat perusahaan klining servis lokal di Lampung dapat bersaing. 

"Dapat juga meningkatkan kompetensi perusahaanya, sehingga lebih berperan aktif dalam pembangunan di Lampung," kata Ahmad Apriliandi Passa usai rapat dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi Lampung, Senin (11/10). 

Menurutnya, agar bisa tergabung dalam katalog elektronik ada beberapa kualifikasi administrasi yang harus dipenuhi perusahaan penyedia jasa antara lain aspek legalitas, perpajakan, sertifikasi keanggotaan asosiasi klining servis, pengalaman kerja, ketersediaan peralatan dan ketersediaan tenaga kerja bersertifikat BNSP.

"Harapannya perusahaan lokal klining servis dapat melengkapi persyaratan standard yang telah disampaikan oleh BPBJ sehingga dapat lebih berdaya saing dan kompeten," ujarnya. 

Diketahui, dasar peraturan pelaksanaan katalok elektronik yakni Perpres nomor 22 tahun 2021 tentang perubahan atas Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Lalu peraturan LIPS nomor 9 tahun 2021 tentang toko daring dan katalok elektronik dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, 

Keputusan Deputi Monitoring, Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi nomor 11 tahun 2021 tentang cara penyelenggaraan katalok elektronik dan Keputusan Sekda Provinsi Lampung nomor G. 502/B.05/HK/2021 tentang penetapan penelahan produk katalok elektronik etalase jasa kebersihan.