ASN Pemkab Pesawaran Masih WFH, Cuma Separuh Yang Ngantor

Masih ada perkantoran yang menyewa dan belum mencukupinya fasilitas di setiap kantor masing-masing Satuan Kerja (Satker) untuk penerapan protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten Pesawaran masih memberlakukan Work From Home (WFH) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di tengah pandemi Covid-19 saat ini.


"Ya memang sudah ada peraturan dari pemerintah pusat, untuk menuju ketatanan normal baru, namun dalam peraturan itu pemerintah pusat juga menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk melihat kondisinya di masing masing daerah," jelas Kepala Bagian Organisasi Setdakab Pesawaran, Hairi Wira Usman, Minggu (7/6).

Saat ini, kata dia, kondisinya masih belum memungkinkan, dan kantor dinas Pemkab Pesawaran masih ada yang menyewa.

"Untuk Pesawaran sendiri, memang kondisinya saat ini belum stabil dan melihat kondisi tempat kerja kita masih belum mendukung, karena banyak satker itu yang kantornya masih sewa, kemudian beberapa ruangan yang tidak terlalu besar namun jumlah pegawainya banyak, jadi kami menghawatirkan terjadinya bertumpuknya pekerja dalam satu ruangan tersebut," tutur dia.

Maka dari itu, lanjutnya, Pemkab Pesawaran memutuskan masih memberlakukan WFH bagi para ASN dan sistem piket yang telah ditentukan oleh masing-masing kepala Satkernya.

"Untuk di kantor, hanya pengawas saja yang masuk setiap harinya, kemudian untuk staf dan tenaga fungsional tertentu kemudian tenaga fungsional umumnya diatur oleh kepala Satker menentukan jadwal piketnya," paparnya.

Dirinya juga mengatakan, meskipun masih memberlakukan WFH, namun mulai Senin besok sudah ada peningkatan jumlah pegawai yang masuk kerja berkisar 50% atau separuh dari jumlah pegawai yang ada, dimana sebelumnya hanya 30% jumlah pegawai masuk akibat pandemi Covid-19.

"Intinya kami tidak ingin pelayanan administrasi dan pelayanan publik terhenti akibat Covid-19, tetapi kami juga tidak ingin mengambil resiko kalau mengharuskan seluruh pegawai mulai aktif bekerja," tegasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa meminta seluruh ASN menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam beraktifitas, guna memutus dan mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran saat beraktifitas.

"Ya, kita minta seluruh ASN dan honorer yang masuk kerja untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Kita minta, mereka untuk membawa handsanitizer dan mengenakan masker, lalu, cek suhu badan sebelum beraktifitas dikantornya,"  tutur dia.