ATR/BPN Tanggamus Musnahkan 109.327 Arsip

Pemusnahan  arsip pencoretan pada buku tanah hak tanggungan (Roya) juga arsip cek plotting pemetaan/ RMOLLampung
Pemusnahan arsip pencoretan pada buku tanah hak tanggungan (Roya) juga arsip cek plotting pemetaan/ RMOLLampung

Kantor ATR/BPN Tanggamus musnahkan arsip pencoretan pada buku tanah hak tanggungan (Roya) juga arsip cek plotting pemetaan, Rabu (3/9).


Kepala Kantor ATR/BPN Tanggamus Rudi Prihantoro, langsung pemusnahan tersebut di lapangan kantor setempat, dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) juga pihak Polres Tanggamus.

Sebanyak 109.327 arsip yang dimusnahkan diantaranya, arsip roya/penghapusan hak tanggungan dari tahun 1989 sampai dengan 2017, sebanyak 28. 425 arsip.

Sementara arsip pelayanan pengecekan dari tahun 2013 sampai dengan 2017 sebanyak 79.702 arsip. Arsip cek plotting Pemetaan dari tahun 2015 sampai dengn 2017 sebanyak 1.200 arsip.

Setelah berita acara penghapusan ditandatangani bersama oleh kepala kantor BPN tanggamus, kajari, dan kepolisian resot tanggamus. Arsip-arsip yang akan dimusnahkan tersebut dimasukan kedalam tong dan disiram dengan minyak solar lalu dibakar.

Rudi Prihantoro mengatakan, setelah dokumen hak tanggungan atas tanah tersebut dilakukan penghapusan (Roya) dokumen tersebut tidak diperlukan lagi, sehingga dapat dilakukan pemusnahan.

"Setelah berkas-berkas tersebut tidak berlaku lagi sehingga dapat dilakukan pemusnahan," katanya.