Bahas THR, Komisi V DPRD Lampung Gabungkan Audiensi Disnaker-Apindo

Audiensi Apindo dengan DPRD Lampung/Foto Apindo Lampung
Audiensi Apindo dengan DPRD Lampung/Foto Apindo Lampung

Komisi V DPRD Lampung menggabungkan audiensi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk bersama-sama membahas tunjangan hari raya (THR) bagi pekerja/buruh di Ruang Komisi DPRD Lampung, Kamis (29/4).


"Hari ini, Apindo kebetulan mau audiensi kepengurusan baru dan  karena ada juga RDP dengan disnaker jadi ya sudah sekalian saja digabungkan untuk membahas THR bagi pekerja/buruh karenakan mereka saling berkaitan jadi digabungkan," kata Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, Kamis (29/4).

Ia mengatakan Apindo ini terdiri dari perusahaan-perusahaan yang besar sehingga harus membantu pemerintah daerah untuk berkomitmen supaya THR pekerja/buruh segera dikeluarkan.

"Apindo ini kan pelaku usaha yang besar-besar dan semua ada di situ sehingga saya kira tolong dibantu pemerintah daerah khusunya perusahaan untuk sama-sama melakukan komitmen untuk tetap memberikan THR kepada tenaga kerja kita meski sedang pandemi karenakan hanya terjadi setahun sekali," kata dia.

Berharap dengan adanya komunikasi baik seperti ini tidak adalagi pekerja/buruh Lampung yang terbengkalai karena THR nya tidak keluar-keluar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan, pembayaran THR bagi pekerja/buruh harus tetap dibayarkan meskipun perusahaan tersebut terdampak pandemi Covid-19.

"THR ini  memang harus dibayarkan sebelum tujuh hari menjelang Idul Fitri 1442 H dan jika perusahaan memiliki permasalahan keuangan akibat terdampak Covid-19 tetap harus membayarkan dan disertai  dengan laporan keuangan yang berturut-turut dan  diaudit oleh bidang keuangan lalu harus dilaporkan ke disnaker," tutup dia.

Turut hadir Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, anggota Komisi V Deni Ribowo dan Lesty Putri Utami, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Provinsi Lampung Adi Susanto, Ketua Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Ary Meizari Alfian bersama anggota lainnya.