Baliho Erick Thohir Dinilai Asal Desain, Juga Kurang Mengena Kalangan Milenial

Baliho Erick Thohir di Bandar Lampung/ Ist
Baliho Erick Thohir di Bandar Lampung/ Ist

Baliho Erick Thohir banyak terpasang di Lampung, utamanya Kota Bandar Lampung, Lampung Tengah hingga ke arah Tulang Bawang.


Secara konten isinya dinilai cukup tepat di Bulan Ramadan. Yakni ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

Namun, desain dan konstruksi banner yang dipasang dengan penyangga bambu itu menuai kritik.

Adalah Wisnu Putranto dari Kolaborasi Idea Indonesia (Kabin) yang memberi masukan.

Menurut dia, Erick yang saat ini Menteri BUMN dinilai sebenarnya punya peluang untuk menggaet suara milenial. Muda, energik, dan pintar. 

"Saya ragu jika banyak poster yang sudah tersebar di Lampung ini dibuat berdasarkan permintaan pak menteri. Mungkin ada miskomunikasi antara relawan dan pak menteri. Karena jika dilihat dari desain sangat kontradiktif dengan latar belakang beliau yang banyak bergerak di bidang kreatif," ujarnya.

Apalagi lanjut dia, Erick kabarnya salah satu pemilik perusahaan periklanan terbesar di indonesia. Desain poster yang tersebar terlihat "asal desain" tanpa memperhatikan kaidah proses desain. 

Seperti pemilihan bentuk huruf (font), jarak antar tulisan yang terlihat tidak teratur dan penulisan kalimat yang berulang.

Seolah-olah lanjut dia, semua yang melihat harus dipaksa mengakui beliau adalah tokoh nasional dari Lampung. Padahal kaidah iklan (karena poster itu masuk kategori iklan) adalah bersifat persuasif dan tidak memaksa untuk mempengaruhi pemirsanya. Iklan bukan pesan paksaan yang menghalalkan segala cara (quote AdAsia 2017).

"Secara umum, baliho itu kurang mengena bagi kalangan milenial," tutup dia.