Bandar Lampung Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi Rmol Network
Ilustrasi Rmol Network

Setelah kemarin terjadi gempa bumi tektonik 2,5 M Minggu (8/5), Bandar Lampung kembali diguncang gempa, Senin (9/5) malam. Kali ini berkekuatan 2,9 M.


Warga Pesawahan, Teluk Betung Selatan yang merasakan getaran gempa yang cukup kuat langsung berhamburan keluar rumah. Mereka merasakan rumahnya bergoyang cukup kuat. 

"Tadi rumah kayak digoyang gitu, langsung pada turun ke bawah, ternyata udah rame," ujar Syamsul, warga Pesawahan. 

"Di Lempasing juga kerasa banget, jendela bergetar gitu, jadi langsung pada keluar rumah," kata Septiani, warga Lempasing. 

Melalui akun instagramnya @BMKGlampung,  BMKG Lampung menjelaskan gempa dengan 2,9 M terjadi pukul 22.34 WIB. 

Lokasinya, 5,53 LS - 105,25 BT atau 9 kilometer (km) barat daya Bandar Lampung dengan kedalaman 5 km.

Menurut BMKG Lampung, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal setempat. 

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Teluk Betung Timur, Lempasing, dan Teluk Pandan dengan Skala Intensitas III MMI “(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)"

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Namun, hingga pukul 23:05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.