Bangkitkan Minat Baca, Dispusip Pesawaran Siapkan Program Doyan Baca

Mobil Perpustakaan Keliling/ Rama
Mobil Perpustakaan Keliling/ Rama

Rendahnya minat baca masyarakat mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Pesawaran siapkan Program Doyan Baca.


Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan Pembinaan Dispusip Kabupaten Pesawaran Yuda Auli Purnamasari, minat baca masyarakat di Bumi Andan Jejama masih tergolong rendah berada di angka 10 persen.

"Hal ini tentu sangat miris, karena kan sebenarnya banyak sekali akses baca yang seharusnya bisa kita gunakan setiap harinya," kata Auli yang juga Pustakawan, Jumat (29/7).

Karenanya, Dispusip Pesawaran rutin melakukan kegiatan mengusung misi dalam meningkatkan minat baca masyarakat agar terbiasa membaca.

"Sejak tahun 2017, kami telah menyiapkan dua unit mobil perpustakaan keliling (Pusling) yang rutin masuk ke sekolah-sekolah di setiap kecamatan di Pesawaran," ujarnya.

Ia mengatakan, berbagai koleksi buku telah disiapkan dalam mobil pusling yang rutin berkeliling untuk masyarakat.

"Dalam dua mobil pusling itu, kita telah siap koleksi bermacam buku yang bisa jadi pilihan, seperti buku-buku pelajaran, buku ensiklopedia, buku anak, buku budidaya dan lainnya," ujarnya.

Kemudian, lanjut Auli, Dispusip Kabupaten Pesawaran juga menyiapkan progam bedah buku sekaligus diskusi bersama.

"Kita juga telah menyiapkan program bedah buku sekaligus diskusi bagi masyarakat umum, siswa sekolah dan mahasiswa. Hal itu kita juga bisa melakukan pelatihan seperti membuat kerajinan tangan, cara membuatnya bisa dilihat cara pembuatannya melalui baca buku," jelasnya.

Ia juga menambahkan, untuk meningkatkan minat baca anak-anak Dispusip Kabupaten Pesawaran menyiapkam program kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Polres Pesawaran.

"Jadi anak-anak diajarkan membaca dengan menggunakan simbol-simbol atau pun rambu-rambu lalulintas kerjasama denga Polres Pesawaran dengan harapan anak-anak tersebut bisa hobi membaca dan bisa memahaminya," pungkasnya.