Bangun Super Apps, bank bjb Bersiap Menuju Elite Bank

Ilustrasi/Ist
Ilustrasi/Ist

Berbagai inovasi digital yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) diyakini akan melahirkan aplikasi super bjb DIGI. Inovasi digital itu sejalan dengan cita-cita bank bjb untuk menjadi elite bank pada 2025.


"Insya Allah ke depannya seluruh aplikasi ini akan menjadi satu kesatuan dalam suatu super apps yang hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah hanya dalam satu aplikasi," kata Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (21/2).  

Pencanangan corporate plan menjadi elite bank di 2025  itu sempat digaungkan saat perayaan HUT ke-60 bank bjb. Jajaran direksi memantapkan agar perseroan melahirkan berbagai inovasi produk yang bertujuan memudahkan kehidupan masyarakat.  Salah satunya, pengembangan produk-produk digital banking yang disesuaikan dengan kemajuan zaman sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat.

Sejauh ini, bank bjb melakukan berbagai langkah inovasi berupa new digital payments untuk mengoptimalkan layanan digital bank bjb kepada masyarakat serta pemerintahan daerah. Seperti fitur new DIGI dan DigiCash by bank bjb serta softlaunching kolaborasi bank bjb dengan financial technology (fintech) e-commerce dengan nama E-Pays. 

Yuddy menambahkan, inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Oleh karenanya dukungan layanan digital yang selama ini telah dilakukan perlu dioptimalkan. Bekerja sama dengan lembaga fintech, bank bjb berkomitmen membangun ekosistem digital yang lebih masif.

Selain itu terdapat kemudahan pembayaran melalui layanan digital bank bjb. Yakni berupa mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate, Agen Laku Pandai, serta produk-produk lainnya.

Dikatakan Yuddy, bank bjb terus melakukan inovasi dan bertransformasi agar bisa bersaing di industri perbankan. Di era digital, kolaborasi diyakini menjadi satu hal yang harus dilakukan dalam mencapai visi dan misi perusahaan.

Sementara itu, Direktur Information Technology, Treasury and International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan, pihaknya tak pernah berhenti melakukan penguatan digitalisasi dan melahirkan produk digital baru.

"Inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Karenanya dukungan layanan digital terus dioptimalkan," ujar Rio.

Di masa pandemi, layanan digital bank bjb justru mencatatkan pertumbuhan signifikan. Aplikasi mobile banking bjb DIGI  tumbuh 112,2 persen pada periode Desember 2020 hingga Juni 2021. Pendapatan fee based income  naik signifikan. Tak terkecuali dari kanal-kanal atau layanan digital yang semakin digandrungi seiring semakin luasnya ekosistem digital bank bjb.

Pada kuartal pertama 2022 ini,  bank bjb akan melakukan aksi korporasi berupa rights issue. Rencananya,  sebanyak-banyaknya 925 juta lembar saham seri B atau setara dengan sebanyak-banyaknya 9,40 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.  Rencana rights issue ini telah disetujui dalam RUPS Tahunan pada 6 April 2021.

Perolehan dana dari aksi koorporasi ini akan digunakan untuk mendukung ekspansi kredit perseroan di tahun ini.  Seluruh dana rights issue setelah dikurangi dengan biaya emisi itu akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit perseroan.