Bantu Penuhi Stok PMI Lampung, KSR UBL Gelar Donor Darah

Donor darah yang digelar KSR PMI UBL/istimewa
Donor darah yang digelar KSR PMI UBL/istimewa

Korps Sukarela Palang merah Indonesia Universitas Bandar Lampung (KSR PMI UBL) didukung oleh Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni (BPKHA) menggelar donor darah di depan gedung C UBL, Kamis (24/6).


Kegiatan yang bertema “Donating Blood is Act of Solidarity, Join the Effort and Save Lives” itu dilakukan untuk menambah stok darah PMI Lampung. 

Juendi, pendiri UKM KSR PMI UBL mengatakan bahwa aksi donor ini adalah program kerja yang rutin dilakukan setiap semester untuk membantu memenuhi stok darah di Lampung. 

“Stok darah di Provinisi Lampung sangat kurang, permintaan darah dari masyarakat juga begitu tinggi setiap harinya hampir 10 sampai 20 kantong," kata dia. 

Ia berharap kegiatan donor ini bisa bermanfaat baik bagi pendonor ataupun masyarakat yang menerima donor.

“Selain sebagai bakti sosial, semoga ini menjadi bukti pengabdian kita kepada masyarakat,” tambah Juendi.

Duta Donor Darah Lampung, Rusman Haryadi mengatakan, donor darah selain dapat membantu pasien yang membutuhkan, juga memiliki dampak positif bagi pendonor. 

“Kalau kita rutin mendonor 2 bulan sekali artinya 2 bulan sekali kita diperiksa kesehatannya gratis. Tubuh kita secara proaktif juga akan membentuk darah baru yang menyehatkan badan kita. Donor darah ini bisa dijadikan lifestyle,” kata Rusman.

Donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 59 kantong darah. Selain mahasiswa dan masyarakat umum, donor darah juga diikuti oleh Hery Riyanto selaku Wakil Rektor I, Harpain selaku Wakil Rektor II, dan Yulfriwini selaku kepala BPKHA UBL.