Banyak Ventilator Di RS Rujukan Tidak Terpakai

Data harian Covid-19 di Posko Satgas Lampung/ RMOLLampung
Data harian Covid-19 di Posko Satgas Lampung/ RMOLLampung

Dilihat dari data ketersediaan ventilator di Rumah Saki Rujukan Covid-19 yang terpasang di Posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, banyak ventilator tidak terpakai.


Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah mencapai 932 orang, sembuh 676 orang  dan kasus kematian 36 orang, Jumat (2/10).

Berdasarkan rekap data harian tersebut disampaikan bahwa tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi biasa masih tersedia diantaranya RSUD Abdul Moeloek ada 6 unit, RSUD Muh Thoir Krui ada 2 unit, RSUD Pesawaran ada 1 unit dan RSUD Pringsewu ada 2 unit.

Sementara, tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi tekanan negatif yang masih tersedia yakni RSUD Abdul Moeloek ada 2 unit. 

RSUD Bob Bazar ada 4 unit, RSUD A Dadi Tjokrodipo ada 1 unit, RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat ada 2 unit, RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji ada 1 unit dan RSUD ZA Pagar Alam Waykanan ada 2 unit.

Sesuai dengan data tersebut ada sekitar 15% ventilator atau alat bantu pernapasan terpakai, dan sisanya 85% belum terpakai di Rumah Sakit rujukan Pasien Covid-19 di Lampung.

Saat dikonfirmasi terkait jumlah tempat tidur, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, untuk jumlah tempat tidur di 36 rumah sakit rujukan yang ada di provinsi Lampung saat ini sebanyak 403 tempat tidur, terpakai 124, sisanya 279 yang tidak terpakai.

"Untuk tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi biasa ada 12 tempat tidur sedangkan tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi tekanan negatif ada 11 tempat tidur," jelasnya.