Bawaslu Bandar Lampung Serahkan Buku Penanganan Pelanggaran Pilkada ke Pusat

Yahnu Wiguno Sanyoto menyerahkan buku kepada Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo/ist
Yahnu Wiguno Sanyoto menyerahkan buku kepada Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo/ist

Bawaslu Kota Bandar Lampung menyerahkan buku berjudul, “Tata Kelola dan Dinamika Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah” kepada Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo di ruang kerjanya, Kamis (14/10).


Buku tersebut diserahkan oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Yahnu Wiguno Sanyoto, didampingi Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Kepala Bagian Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lampung, Erwin Prima Rinaldo, beserta staf teknis Bawaslu Lampung, Hamid Badrul Munir dan Dwi Zaen Prasetyo.

Yahnu mengatakan, buku ini melengkapi dokumentasi penanganan pelanggaran Pilkada seperti yang dilakukan Bawaslu RI dengan bukunya yang berjudul, “Kajian Evaluatif Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020”.

"Saat ini Bawaslu Provinsi Lampung sedang mempersiapkan penerbitan buku mengenai penanganan pelanggaran pilkada, ini bagian dari ikhtiar Bawaslu memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat," kata dia, Jumat (15/10).

Buku ini membahas pelaksanaan tugas, kewajiban, dan wewenang yang dimiliki Bawaslu. Dikemas dalam empat bagian yakni bagian I tentang keterkaitan antara Pilkada dan Demokrasi.

Bagian II membahas tentang organ penyelenggara Pemilihan dan tata kelola penanganan pelanggaran Pemilihan. Bagian III membahas tentang dinamika penanganan pelanggaran Pilkada secara lengkap. 

Kemudian, Bagian IV membahas tentang refleksi dan proyeksi penanganan pelanggaran Pemilihan sebagai upaya perbaikan tata kelola penanganan pelanggaran Pemilihan di masa yang akan datang.

Yahnu berharap, buku ini dapat bermanfaat untuk menjadi referensi bagi jajaran Penagwas Pemilu dalam menindaklanjuti temuan maupun bagi stakeholders terkait untuk menyampaikan laporan yang muncul dan terjadi pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan.