Bawaslu Lampung Ajukan Anggaran Rp214 Miliar untuk Pilgub 2024

Bawaslu Lampung saat mengajukan anggaran Pilgub Lampung 2024 kepada Gubernur Arinal Djunaidi / istimewa
Bawaslu Lampung saat mengajukan anggaran Pilgub Lampung 2024 kepada Gubernur Arinal Djunaidi / istimewa

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung mengajukan kebutuhan anggaran Rp214,7 miliar untuk Pemilihan Gubernur tahun 2024, Senin (20/6).


"Kebutuhan anggaran pengawasan pilgub yang disampaikan Rp214.728.017.000," ujar Ketua Bawaslu Fatikhatul Khoiriyah usai bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

Ia melanjutkan, anggaran yang diajukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tersebut mayoritas digunakan untuk honorarium Rp118 Miliar. 

Sementara Rp96 Miliar sisanya digunakan untuk kebutuhan kegiatan, sosialisasi, pengawasan tahapan, musyawarah penyelesaian sengketa, rapat, perjalanan dinas dan lain-lain. 

"Termasuk perekrutan adhoc, pelatihan, bimtek dan sebagainya. Ini baru untuk pilgub secara keseluruhan," sambungnya. 

Khoir, sapaan akrabnya melanjutkan, Bawaslu Lampung akan segera membahas keseluruhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bersama Bawaslu 15 kabupaten kota, Kamis (23/6).

"Kami akan membahas sinkronisasi masing-masing kebutuhan anggaran kabupaten kota. Nanti bisa saja anggaran Rp214,7 miliar itu berkurang jika ada sharing agar tidak double, karena Pilgub dan pilkada digelar serentak," kata dia.

Sebelumnya, KPU Lampung telah mengajukan anggaran Rp681,4 miliar untuk membiayai Pemilihan Gubernur 27 November 2024 mendatang. Rencana anggaran itu disampaikan KPU kepada Gubernur Lampung pada 9 Juni.