Bawaslu Lampura Pakai Aturan Bawaslu RI Sebagai Tameng Pengumuman Hasil Tes Panwascam

Foto Efriantoni
Foto Efriantoni

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Utara menjadikan aturan tentang informasi yang dikecualikan sebagai tameng untuk menepis kritikan seputar pengumuman hasil tes tertulis calon anggota Panwascam. Aturan Bawaslu RI yang mengharuskan pengumuman tersebut tanpa disertakan nilai. 


"Aturan Bawaslu RI tentang informasi yang dikecualikan salah satunya itu mengatur tentang rincian hasil penilaian seleksi calon anggota Panwaslu kecamatan," kelit Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Ma'sum Busthomi, Rabu (19/10).

Ia mengatakan, aturan itu dituangkan dalam peraturan Bawaslu RI yang berisikan penetapan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi Bawaslu dengan nomor : 0999/Bawaslu/H2PI/HM.00/XII/2019 tentang informasi seleksi pengawas pemilu atau pemilihanad hoc yang dikecualikan. Dengan demikian, pengumuman tanpa nilai itu telah sesuai dengan aturan mereka. ‎"Kami sifatnya hanya menjalankan apa yang ada dalam aturan," terangnya.

Ketika dinyatakan jika apa yang diatur dalam aturan ini kedengarannya tidak sesuai dengan kategori informasi yang harus dirahasikan seperti yang ada pada Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang - Undang Nomor tentang Keterbukaan Informasi Publik, Ma'sum mengatakan, aturan itu berasal dari Bawaslu RI sehingga mereka sifatnya hanya menerima dan menjalankannya saja.

"Perekrutan yang kami lakukan itu dilakukan secara terbuka atau transparan, tapi memang nilai tes tertulis enggak bisa diumumkan ke publik sesuai aturan," kata dia.

Diketahui, akibat tak disertakannya nilai dalam pengumuman hasil tes tertulis, Bawaslu Lampung Utara menjadi bulan - bulanan kritikan dari sejumlah pihak. Kritikan itu datang dari PGK dan LSM GMBI Lampung Utara. Mereka menduga pelaksanaan perekrutan calon anggota Panwascam Lampung Utara penuh dengan permainan ‎karena tak memuat nilai dalam pengumuman tersebut.