Bawaslu Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Wujudkan Demokrasi 

Penyerahan sertifikat/Ist
Penyerahan sertifikat/Ist

Bawaslu Bandarlampung mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung 2020 di Hotel Emersia Bandarlampung, Selasa (22/9).


Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah mengatakan, pengawasan pilkada harus melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. 

Mulai dari kelompok pemuda, mahasiswa, organisasi masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di 20 kecamatan dan 126 kelurahan di Bandarlampung.

Partisipasi masyarakat merupakan salah satu cara mewujudkan demokrasi di Bandarlampung. Caranya, ketika pengumuman Daftar pemilih Sementara (DPS), masyarakat bisa melihat langsung apakah dirinya sudah masuk dalam daftar atau belum. 

Kemudian, pada tahapan kampanye, masyarakat bisa menginformasikan kepada pengawas apabila menemukan pelanggaran. 

Begitu juga ketika pada penghitungan suara. Candra melanjutkan, masyarakat dapat mengawasi dan mendokumentasikan C1 Plano. 

"Agar nanti apabila ada orang yang mencoba memainkan C1 plano tersebut akan sulit, karena C1 Plano sudah tersebar," ujar Candra. 

Ia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengawasi tahapan pilkada di lingkungan sekitarnya. 

"Saya rasa dengan partisipasi masyarakat tujuan kita menciptakan demokrasi yang baik bisa terwujud dan sesuai dengan yang kita inginkan," pungkasnya. 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Bawaslu juga memberikan sertifikat bagi peserta sekolah pengawasan partisipasif secara simbolis.