Bayi Laki-laki Diduga Dibuang Setelah Dilahirkan Ditemukan Tewas di Bendungan Batu Tegi

Penemuan jasad bayi laki-laki di Bendungan Batu Tegi Tanggamus/ist
Penemuan jasad bayi laki-laki di Bendungan Batu Tegi Tanggamus/ist

Sosok mayat bayi ditemukan warga terapung di Dermaga Waduk Batu Tegi Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus dengan kondisi mengenaskan, Sabtu (17/9) lalu.


Kapolsek Pulau Panggung Tanggamus Iptu Musakir mengatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi bersama pihak medis untuk melakukan identifikasi dan evakuasi ke Puskesmas Air Naningan.

Ia menjelaskan, jasad bayi berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan oleh pengunjung yang hendak menyebrang dari dermaga, pada Sabtu 17 September.

“Mayat bayi berjenis kelamin laki-laki, awalnya dilihat oleh pengunjung telah terapung pada pukul 14.00 WIB,” ungkap Iptu Musakir, Senin (19/9).

Ia melanjutkan, para pengunjung kemudian memastikan jasad bayi itu dan melaporkannya kepada masyarakat. Sehingga akhirnya, dilaporkan ke Polsek Pulau Panggung.

“Jasad bayi tersebut kami bawa ke RS Bhayangkara guna dilakukan autopsi, hasilnya ditemukan memar dipundak kiri, terdapat sedikit plasenta, posisi tengkorak remuk, cidera kepala berat, cidera di pergelangan tangan kanan dan memar di seluruh badan bagian kanan, memar seluruh bagian perut," jelasnya.

Ia melanjutkan, organ tubuh bayi masih utuh dan diperkirakan bayi tersebut sudah meninggal selama 2 hari sebelum ditemukan.

Menurut Kapolsek, untuk dugaan sementara mayat bayi yang ditemukan meninggal tersebut sengaja dibuang dengan dikuatkan tanda-tanda pada tubuh bayi.

“Dugaan sementara dibuang saat setelah dilahirkan, hal itu berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan,” imbuhnya.

Saat ini, katanya, Polsek Pulau Panggung bersama Satreskrim Polres Tanggamus melakukan penyelidikan bersama untuk mengatahui pelaku pembuang bayi tersebut.