Baznas Pesawaran Targetkan Zakat Fitrah Rp200 Juta

Ketua Baznas Pesawaran, Abdul Hamid/Ist
Ketua Baznas Pesawaran, Abdul Hamid/Ist

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran menargetkan pengumpulan zakat fitrah Rp 200 juta pada bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.


Jumlah tersebut masih sama dengan target pengumpulan zakat fitrah pada bulan Ramadan tahun lalu. 

Ketua Baznas Pesawaran, Abdul Hamid mengatakan, pihaknya optimis akan mencapai target tersebut dengan kepercayaan dan dukungan masyarakat setempat.

“Tahun lalu kita menargetkan Rp 200 juta, Alhamdullilah dana yang kita himpun mencapai Rp 203 juta, itu lebih dari target, jadi tahun ini kita optimis bisa mencapai target atau bahkan lebih dari target,” ujar Hamid, Kamis (15/4)

Menurutnya, untuk mencapai target pengumpulan zakat tersebut, Baznas juga membuka Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 11 kecamatan dan Kantor Dinas Pemkab setempat. 

“Tahun lalu target bisa tercapai karena kami banyak bersinergi dengan pihak ketiga,” tuturnya.

Selanjutnya, Baznas juga gencar melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat maupun melalui jejaring sosial Facebook dan website resmi milik Baznas Pesawaran.

“Ya sosialisasi kita lakukan disetiap kegiatan Baznas selain itu kita juga sosialisasi lewat dan facebook resmi milik Baznas,” katanya.

Abdul Hamid berharap tahun ini Baznas Pesawaran bisa memberikan zakat fitrah lebih banyak dari tahun lalu, sudah menyalurkan zakat kepada 2000 mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) di 11 kecamatan yang ada di Pesawaran.

“Dua atau tiga hari menjelang lebaran, zakat yang sudah kita himpun akan kita distribusikan kepada mustahik, kalau tahun lalu kita sudah memberikan zakat fitrah kepada 2000 mustahik semoga tahun ini bisa lebih,” pungkasnya.