Bebas Frambusia, Pemkot Bandar Lampung Terima Penghargaan dari Kemenkes

Pemkot Bandar Lampung terima penghargaan dari Kementerian Kesehatan/Ist
Pemkot Bandar Lampung terima penghargaan dari Kementerian Kesehatan/Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memperoleh penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas Eradikasi atau upaya pembasmian berkelanjutan untuk menghilangkan Frambusia.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan selama tiga tahun terakhir tidak ada kasus infeksi bakteri kronis yang memengaruhi kulit, tulang, dan tulang rawan. 

"Bersyukur alhamdulillah Kota Bandar Lampung memperoleh penghargaan tersebut. Penilaian sejak 2019-2021 hingga saat ini tidak ada kasus Frambusia," kata Desti Mega Putri melalui pesan WhatsApp, Selasa (31/5). 

Menurutnya, upaya pembasmian berkelanjutan Frambusia dilakukan dengan screening, dan deteksi dini serta penyuluhan ke sekolah yang terintegrasi dengan kegiatan lain seperti UKS, program kusta, dan vaksin rutin.  

"Kedepannya screening dan deteksi dini dalam upaya penemuan kasus. Ditingkatkan juga kebersihan diri dan lingkungan melalui promosi kesehatan dalam upaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ujarnya. 

Diketahui, penyerahan penghargaan digelar di Deluxe Class Building, Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kota Lombok Tengah, Nusa Tengga Barat pada tanggal 31 Mei 2022.

Terdapat 47 kabupaten/kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Eradikasi Frambusia dan salah satunya adalah Kota Bandar Lampung.