Begini Cara Cek Validitas Ijazah UIN Raden Intan Lampung

Repro
Repro

Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Hayatul Islam menjelaskan alumni UIN Raden Intan Lampung yang ingin melihat validitas ijasah dapat dilakukan di website Forlap Dikti atau Sivil (sistem verifikasi ijazah secara elektronik). 


Menurutnya, mahasiswa yang lulus sebelum tanggal 28 Desember 2020 dapat melihat validitas ijazah di Forlap Dikti, sementara mahasiswa yang lulus setelah 28 Desember 2020 dapat melihat validitas ijazah di Sivil. 

"Ketentuan ini sesuai dengan Surat Edaran Periode Awal Pelaporan PDDikti nomor 5478/A.P1/SE/2017 dan Surat Edaran nomor 7 tahun 2020 tentang Penerapan Nomor Ijazah Nasional dan Sivil," kata Hayatul Islam kepada Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (19/10). 

Sementara untuk wisudawan periode 1 tahun 2021, kebanyakan lulus sebelum tanggal 28 Desember 2020. Sehingga mengecek validitas ijazah di Forlap Dikti. 

"Makanya harus tahu dulu dia lulusnya tanggal dan tahun berapa. Baru dicek di Forlap Dikti atau di Sivil," ujarnya. 

Prinsipnya, kata Hayatul Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tidak mungkin mengeluarkan ijazah bodong. Ijazah pasti terdata secara resmi. Selain memastikan tanggal dan tahun lulus, perlu diperhatikan juga saat menginput data pada sistem validitas ijazah, jangan sampai salah ketik. 

"Saat ingin mengecek di Sivil, jangan sampai salah ketik. Spasi satu saja bisa terbaca sebagai satu karakter, maka nanti datanya tidak akan ditemukan," jelasnya. 

Berdasarkan penelusuran yang dilaksanakan Kantor Berita RMOLLampung, alumni UIN Raden Intan Lampung yang lulus pada Juni 2018 tercatat dalam website https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa

Pada website tersebut, Kantor Berita RMOLLampung menginput data nama universitas yakni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, lalu menginput program studi yakni Aqidah dan Filsafat Islam S1. Kemudian nama mahasiswa yakni SRI dan menghitung angka di pengaman. 

Pada website tersebut akan muncul profil mahasiswa atas nama SRI lengkap dengan status mahasiswa, tanggal lulus hingga nomor ijazah. Namun data riwayat kuliah dan riwayat studi tidak terisi lengkap.

Repro

Sementara untuk validitas di website https://ijazah.kemdikbud.go.id/index.php/ dapat dilakukan dengan mengisi perguruan tinggi dengan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, lalu memasukan nomor Ijazah misalnya 861082021000xxx, dan mengisi angka pengamatan dengan menambahkan angka yang tertera. Kemudian klik verifikasi. 

Hasil verifikasi tersebut akan muncul data yang ditemukan, mulai dari nama, nomor mahasiswa, program studi, nomor ijazah hingga tanggal lulus.