Belasan Negara Bantu Ukraina, Ini Daftarnya

Bendera Ukraina/Net
Bendera Ukraina/Net

Saat Rusia "kebanjiran" sanksi usai melakukan invasi, Ukraina "kebanjiran" bantuan militer, terutama dari negara-negara Barat.


Menurut Kementerian Kesehatan Ukraina, konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 350 warga sipil sejak awal invasi Rusia terjadi pekan kemarin.

Sementara itu, Badan Pengungsi PBB memperkirakan bahwa setidaknya 360 ribu orang lainnya telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga karena kekhawatiran atas perang yang meningkat.

Di tengah situasi tersebut, sejumlah negara telah bergerak cepat memberikan bantuan militer kepada Ukraina.

Negara mana saja kah yang telah mengirimkan bantuan ke Ukraina? Berikut daftarnya, merujuk pada Al Jazeera

1. Amerika Serikat

Pada 25 Februari lalu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menginstruksikan Departemen Luar Negeri untuk mengirimkan senjata tambahan senilai 350 juta dolar AS dari stok Amerika Serikat ke Ukraina.

Dalam sebuah memorandum kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Biden mengarahkan bahwa bantuan 350 juta dolar AS yang dialokasikan melalui Undang-Undang Bantuan Luar Negeri itu ditujukan untuk pertahanan Ukraina.

Ukraina sendiri telah meminta senjata anti-tank Javelin dan rudal Stinger untuk menembak jatuh pesawat.

Sementara Pentagon mengatakan bahwa senjata yang dikirimkan ke Ukraina termasuk anti-baju besi, senjata ringan, pelindung tubuh dan berbagai amunisi untuk mendukung pertahanan garis depan Ukraina.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan sistem anti-pesawat juga termasuk dalam materi.

Selama setahun terakhir, Amerika Serikat telah memberikan lebih dari 1 miliar dolar AS bantuan keamanan ke Ukraina.

2. Inggris

Pada bulan Januari lalu, Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan Inggris telah mengambil keputusan untuk memasok Ukraina dengan sistem senjata pertahanan anti-armor ringan.

Sementara itu, pekan lalu, Downing Street menjanjikan dukungan militer ke Ukraina, termasuk senjata pertahanan yang mematikan.

“Mengingat perilaku yang semakin mengancam dari Rusia dan sejalan dengan dukungan kami sebelumnya, Inggris akan segera memberikan paket dukungan militer lebih lanjut ke Ukraina,” kata Perdana Menteri Boris Johnson di hadapan parlemen Inggris pekan lalu.

Ini akan mencakup bantuan mematikan dalam bentuk senjata pertahanan dan bantuan tidak mematikan," sambungnya.

3. Perancis

Prancis, telah mengirim lebih banyak bantuan peralatan militer serta bahan bakar ke Ukraina sejak beberapa waktu terakhir.

Paris mengatakan telah bertindak atas permintaan Ukraina sebelumnya untuk pertahanan anti-pesawat dan senjata digital.

4. Belanda

Dalam sebuah surat kepada parlemen pekan kemarin, pemerintah Belanda menyatakan akan memasok roket pertahanan udara dan sistem anti-tank ke Ukraina.

Pemerintah Belanda menyetujui permintaan Ukraina untuk segera mengirimkan 200 roket pertahanan udara Stinger dan 50 senjata anti-tank Panzerfaust 3 dengan 400 roket.

Selain itu, Belanda bersama-sama mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot bersama Jerman ke kelompok tempur NATO di Slovakia.

5. Jerman

Jerman akan memasok Ukraina dengan 1.000 senjata anti-tank dan 500 rudal permukaan-ke-udara Stinger dari saham Bundeswehr untuk pertahanan melawan Rusia.

Ini adalah perubahan besar dari kebijakan lama Berlin yang melarang ekspor senjata ke zona konflik.

“Invasi Rusia ke Ukraina menandai titik balik. Adalah tugas kami untuk melakukan yang terbaik untuk mendukung Ukraina dalam mempertahankan diri melawan tentara invasi Putin," kata Kanselir Jerman Olaf Scholz pada akhir pekan ini.

6. Kanada

Ottawa mengirim persenjataan militer mematikan ke Ukraina dan meminjamkan setengah miliar dolar Kanada atau setara dengan 394 juta AS kepada Kyiv untuk membantu mempertahankan diri.

7. Swedia

Stockholm juga melanggar sikap netral bersejarahnya dengan mengirim 5.000 roket anti-tank ke Ukraina serta ransum lapangan dan pelindung tubuh.

Ini adalah pertama kalinya Swedia mengirim senjata ke negara dalam konflik bersenjata sejak Uni Soviet menginvasi negara tetangga Finlandia pada tahun 1939.

8. Belgium

Belgia mengatakan akan memasok Ukraina dengan 3.000 lebih senapan otomatis dan 200 senjata anti-tank, serta 3.800 ton bahan bakar.

9. Portugal

Portugal memberi Ukraina kacamata penglihatan malam, rompi antipeluru, helm, granat, amunisi, dan senapan G3 otomatis.

10. Yunani

Yunani, yang memiliki komunitas diaspora besar di Ukraina mengirimkan peralatan pertahanan serta bantuan kemanusiaan.

11. Rumania

Rumania yang berbatasan dengan Ukraina menawarkan untuk merawat orang-orang yang terluka dari zona krisis di 11 rumah sakit militernya serta mengirimkan bahan bakar, rompi anti peluru, helm, dan “bahan militer” lainnya senilai 3,3 juta dolar AS.

12. Spanyol

Pemerintah Spanyol telah berjanji untuk mengirim 20 ton bantuan ke Ukraina, sebagian besar peralatan medis dan pertahanan seperti rompi antipeluru.

13. Republik Ceko

 

Praha mengatakan Sabtu bahwa pihaknya mengirim Ukraina 4.000 mortir "dalam beberapa jam ke depan" serta gudang senjata 30.000 pistol, 7.000 senapan serbu, 3.000 senapan mesin, banyak senapan sniper dan satu juta peluru. Ceko telah menjanjikan Kyiv 4.000 mortir senilai 1,6 juta dolar AS yang belum dikirim.