Belum Terima SK DPP, Edy Irawan Pecat 3 Plt Ketua DPC Loyalis Ridho

SK yang diterbitkan Edy Irawan/ ist
SK yang diterbitkan Edy Irawan/ ist

Ketua DPD Demokrat Lampung terpilih, Edy Irawan memecat tiga Plt Ketua DPC loyalis Ridho Ficardo, yakni Yandri Nasir di Lampung Timur, Juwita Zahra di Pringsewu dan Zainuri di Kota Metro. 


Kabar ini disampaikan Sekretaris Demokrat Lampung demisioner Julian Manaf kepada kantor Berita RMOLLampung, Minggu (9/1). Ia juga mengirimkan surat tugas Plt baru di Lampung Timur. 

"Edy Irawan itu belum punya SK dan belum dilantik, sudah main pecat DPC," kata dia. 

Surat tersebut adalah Surat Tugas Nomor : 001 / OKK / DPD / LPG / 1 / 2022 yang isinya menugaskan Sekretaris DPC Lampung Timur Taufik Gani untuk melaksanakan tugas-tugas Ketua DPC hingga terbit SK Plt Ketua yang baru. 

"Mengingat tugas dan wewenang Ketua DPD Partai Demokrat dalam AD ART maka dengan ini Ketua DPD Partai Demokrat Lampung menugaskan saudara Taufik Gani Sekretaris DPC Lampung Timur untuk melaksanakan tugas-tugas Ketua Plt Lampung Timur," tulis potongan surat tersebut. 

Hal itu, disebut, memperhatikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hasil Kongres Partai Demokrat tahun 2020 tentang Plt ketua DPC bahwa, 

Pertama, Ketua DPC Defenitif adalah Ketua Hasil Musyawarah Cabang , sesuai dengan Anggaran Dasar pada Bab VII Pasal 60 Ayat 1 tentang Ketua DPC dipilih dan ditetapkan oleh DPP bersama dengan DPD setelah menerima sebanyak-banyaknya tiga nama calon hasil dari muscab. 

Kedua, Plt Ketua DPC menjabat maksimal 1 tahun sesuai dengan AD ART pada Bab VI Pasal 82 Ayat 3 huruf C tentang Jangka Waktu Kepengurusan dan Plt yang berbunyi Jangka waktu Plt sebagaimana dimaksud pada butir (2) berlaku paling lama 1 tahun. 

Surat tersebut ditandatangani Edy Irawan pada 7 Januari 2022 dan hanya ditembuskan pada Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK).

Diketahui, usai musyawarah daerah dan menjalani fit and proper test, DPP Demokrat menetapkan Edy Irawan Arief sebagai Ketua Demokrat Lampung.

Edy mengalahkan dan menggantikan ketua dua periode Ridho Ficardo. Penetapan tersebut diumumkan Sekjend Teuku Riefky Harsya dan Ketua BPOKK Herman Khaeron, Senin 3 Januari 2022.