Beri Pelatihan IKM, Pemkot Bandar Lampung Harapkan Kualitas Produk Meningkat 

Pelatihan IKM di Kota Bandar Lampung/Ist
Pelatihan IKM di Kota Bandar Lampung/Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar pelatihan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM). Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk IKM. 


Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah mengatakan ada tiga pelatihan yang diberikan yakni upgrade skill cetak kaos bagi IKM motif Lampung, teknik menapis dan pengolahan kopi.

"Tujuan dari pelatihan ini yakni agar kualitas produk yang dihasilkan mereka lebih berkualitas dan naik kelas sehingga barang yang dijajakan dapat diterima masyarakat," kata Adiansyah, Rabu (21/9). 

Ia berharap keterampilan pelaku IKM dapat terasah, sehingga daya kreatifitas bisa meningkatkan dan produknya bisa bersaing di pasar lokal maupun internasional.

"Pemerintah tak hanya memberikan pelatihan untuk mendukung IKM, namun sejumlah program digulirkan seperti pinjaman tanpa bunga sudah berjalan. Sejumlah IKM sudah disurvei dan siap menerima pinjaman," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga selalu mengikutsertakan IKM binaan apabila ada event-event baik yang berskala lokal maupun nasional, sebagai upaya memperkenalkan produk mereka juga memperluas pasar.

"Tentunya setiap ada event ataupun  pameran di dalam atau di luar daerah kami  ikut sertakan IKM dan UMKM dengan begitu produknya dikenal masyarakat luas. Kami juga terus mendorong agar mereka memanfaatkan penjualan secara digitalisasi guna mencakup pasar yang lebih luas," jelasnya.