Berikut Syarat dan Ketentuan Peserta UTBK di Itera

Pelaksanaan UTBK di Itera/Ist
Pelaksanaan UTBK di Itera/Ist

Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyiapkan 600 komputer dengan untuk pelalaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022. UTBK di Itera akan berlangsung pada 17-19 Mei dan 21 Mei 2022 dengan total peserta sebanyak 2.918 orang.


Koordinator Pelaksana UTBK Itera, Alviyanda mengatakan UTBK akan dipusatkan di Gedung Kuliah Umum (GKU) dan Gedung Laboratorium Teknik (GLT) Itera. Dimana GLT 1 dan 3 untuk peserta ujian Saintek dan Soshum, sementara GKU untuk ujian campuran. 

Menurutnya, sesuai arahan dari Satgas Covid-19 Provinsi Lampung, para peserta wajib mengikuti protokol kesehatan yang disiapkan seperti memindai barcode pada Aplikasi PeduliLindungi dan peserta asal dari lokal telah vaksin ke-2, sementara luar daerah harus booster. 

"Peserta yang akan mengikuti ujian juga diperkenankan melakukan survei lokasi ujian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Peserta dapat melakukan survei sesuai jadwal yang akan diumumkan panitia melalui laman dan akun instagram PMB Itera," kata Alviyanda, Senin (9/5).

Lanjutnya, saat mengikuti UTBK, seluruh peserta diwajibkan membawa kartu peserta ujian, KTP dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi dari pihak sekolah. Bagi peserta ujian yang belum memiliki KTP dapat digantikan dengan surat perekaman KTP atau akta kelahiran. Bagi siswa SMA/SMK/MA kelas XII yang belum memiliki ijazah juga dapat digantikan dengan Surat Keterangan Siswa Kelas XII dari sekolah asal yang dilengkapi pasfoto dan yang ditandatangani dan dicap oleh pihak sekolah.

Selain itu, peserta juga harus datang ke Itera paling lambat 30 menit sebelum memasuki ruangan. Sebab bagi peserta yang datang terlambat tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

"Seluruh peserta juga diharapkan berpakaian rapi (kemeja) dan menggunakan sepatu. Peserta tidak diperkenankan membawa barang-barang berharga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.