Berkas Akbar Mangkunegara Dilimpahkan ke PN Tanjungkarang 15 Desember

JPU KPK Taufiq Ibnugroho/ Faiza
JPU KPK Taufiq Ibnugroho/ Faiza

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK akan melimpahkan berkas perkara tersangka gratifikasi di Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Akbar Tandaniria Mangkunegara ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang Rabu (15/12) mendatang. 


Rencana pelimpahan perkara Akbar Tandaniria Mangkunegara hari Rabu tanggal 15 Desember 2021," kata JPU KPK Taufiq Ibnugroho, Senin (13/12).

Taufiq mengatakan, pihaknya sudah selesai menyusun berkas perkara adik mantan Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara itu dan segera menyelesaikan surat dakwaan. 

Pelimpahannya akan didaftarkan di PTSP PN Tanjungkarang agar segera disidangkan. Sebelumnya, KPK melakukan pelimpahan Tersangka Akbar dan barang bukti dari Tim Penyidik di Rutan Kelas I Bandar Lampung. 

Sehingga, Akbar menjalani masa tahanan di Rutan Kelas I Bandar Lampung untuk waktu 20 hari, mulai 9-28 Desember 2021.

Diketahui, Akbar sebagai representasi Agung yang saat itu menjadi Bupati berperan aktif untuk ikut serta yang menentukan pengusaha dalam alokasi proyek di Dinas PUPR Lampura 2015-2019.

Dalam setiap proyek, Akbar dibantu Syahbudin, Taufik Hidayat, Desyadi dan Gunaido Utama atas perintah Agung Ilmu Mangkunegara melakukan pemungutan sejumlah uang fee atas proyek. 

Realisasi penerimaan fee tersebut dilakukan secara langsung, melalui perantara Syahbudin, Raden Syahril, Taufik Hidayat dan pihak terkait lainnya kepada Akbar untuk diteruskan ke Agung. 

Mereka diduga menerima sejumlah Rp102 Miliar dari beberapa rekanan di Dinas PUPR Lampura. 

Selain mengelola, mengatur dan menyetor uang tersebut untuk kepentingan pribadi Agung, Akbar juga diduga ikut menikmati sejumlah Rp2,3 Miliar untuk kepentingan pribadinya.