Bina Desa Sidodadi, BEM KM Poltekkes Buatkan Septic Tank 

Pembuatan septic tank/Ist
Pembuatan septic tank/Ist

BEM KM Poltekkes Tanjungakarang melaksanakan desa binaan di Dusun Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandang, Kabupaten Pesawaran. Kegiatan tersebut berlangsung pada 8-9 Oktober lalu. 


Presiden Mahasiswa BEM KM Poltekkes Tanjungkarang, Anjar Dwipaningtyas mengatakan pihaknya sudah dua kali melaksanakan kegiatan desa binaan. Desa binaan kali ini mengangkat tema bergerak bangun desa yang sehat untuk negeri yang berkualitas. 

“Ini merupakan lanjutan dari kegiatan desa binaan yang telah dilaksanakan pada 4 Juni lalu, yang mana dilaksanakan kegiatan cek kesehatan gratis dan literasi pada warga desa” kata Anjar Dwipaningtyas, Rabu (12/10). 

Menurutnya, pada desa binaan di triwulan ketiga ini, BEM KM Poltekkes Tanjungkarang mengambil permasalahan lingkungan dan kesehatan seperti masih banyaknya warga yang tidak memiliki septic tank. Sehingga permasalahan ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga. 

“Maka BEM KM Poltekeks Tanjungkarang membuat septic tank, dengan metode terapung yang diujicobakan pada salah satu rumah pangung di desa Sidodadi,” ujarnya. 

Ia berharap pembuatan septic tank terapung ini akan menjadi pacuan awal bagi warga untuk membuat septic tank yang ekonomis, dan ergonomis seperti yang sudah dicontohkan pada salah satu rumah warga. 

“Semoga kegiatan kami ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya. 

Hal sama juga disampaikan salah satu dosen pembimbing, Ahmat Fikri. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat bagi desa yang dituju.