Bisa Mendulang Suara, KIB Harus Segera Umumkan Pilihan Capres dari Internal

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disarankan untuk segera mengumumkan pilihan bakal calon presiden dari internalnya untuk Pilpres 2024, lantaran diyakini akan mendulang suara partai.


Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, sudah saatnya Partai Golkar bersama partai politik (parpol) yang juga tergabung di KIB, yakni PAN dan PPP, secara mandiri menyuarakan pilihan bakal capres internalnya.

"Koalisi yang sudah terjalin antara Golkar, PAN dan PPP merupakan bangunan koalisi yang selangkah lagi akan dapat memenangkan kontestasi kalau mereka jeli siapa kandidat yang akan dimajukan pada kesempatan 2024 yang akan datang," ujar Saiful dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (21/10).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini meyakini, jika KIB dapat memunculkan capres internal KIB yang potensial, maka selain akan mendulang suara partai koalisi, juga sangat besar peluang untuk memenangkan pertarungan pada Pilpres 2024 mendatang.

"Tidak ada pilihan lain bagi KIB untuk masa depan partai, selain harus mengusung kandidat capres yang berasal dari internal papol," kata Saiful.

Karena menurut Saiful, capres internal akan lebih memberikan efek signifikan bagi keberlangsungan dan masa depan parpol, daripada kandidat yang berasal dari eksternal parpol koalisi.

"Sudah saatnya saya kira bagi KIB sadar, bahwa kader-kader potensial parpol lebih baik untuk dimajukan daripada orang eksternal parpol yang tidak memiliki huhungan emosional langsung dengan parpol," pungkasnya.