BKN dan Pemprov Apresiasi Pelaksanaan Tes SKD CPNS di Itera 

Kepala Kantor Regional V BKN, Julia Leli Kurniatri bersama Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto meninjau pelaksanaan hari pertama tes SKD CPNS di Itera/ist
Kepala Kantor Regional V BKN, Julia Leli Kurniatri bersama Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto meninjau pelaksanaan hari pertama tes SKD CPNS di Itera/ist

Kepala Kantor Regional V BKN, Julia Leli Kurniatri bersama Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto meninjau pelaksanaan hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Selasa (14/9). 


Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung dan BKN mengapresiasi Itera yang kembali dipilih menjadi lokasi pelaksanaan tes SKD CPNS di Provinsi Lampung dan menyediakan infrastruktur tes sesuai standar nasional.

Julia Leli Kurniatri menjelaskan pelaksanaan tes tahun ini mengalami beberapa inovasi, dan kemajuan diantaranya adanya verifikasi wajah melalui web camera, diawal registrasi, dan disaat login di akun tes. Sehingga hanya benar-benar peserta sesuai identitas yang mengikuti tes, dan bisa masuk ke ruangan dan mengikuti ujian. 

Selain itu, tes yang dilakukan di tengah pandemi, membuat pelaksanaan tes menerapkan protokol kesehatan ketat. Penyelenggara menyediakan ruangan khusus untuk peserta dengan suhu diatas 37,3 derajat celcius. 

“Bahkan jika ada yang positif dan diketahui sebelum tes akan dijadwalkan ulang, akan tetapi jika sudah hadir dan positif, akan mengikuti tes di ruang terbuka yang disediakan,” kata Julia.

Lanjutnya, Itera telah mampu memenuhi kebutuhan tes SKD tersebut, termasuk perangkat verifikasi wajah dan menyediakan web camera aktif di seluruh komputer peserta. 

"Penerapan protokol kesehatan juga sudah sangat sesuai, mulai dari akses masuk lokasi tes dan kemudahan peserta mendapatkan akses informasi melalui media," ujarnya.

Sementara itu, Fahrizal Darminto memberikan arahan dan motivasi kepada peserta. Menurutnya, pelaksanaan tes CPNS saat ini sangat transparan dan akuntabel. Sebab peserta dapat langsung melihat hasil nilai setelah selesai tes. Selain itu, keluarga peserta juga bisa memantau skor melalui streaming youtube. 

“Seluruh peserta harus yakin tes ini transparan dan akuntabel. Jika ada orang yang menjanjikan dan mengiming-imingi bisa lulus, jangan percaya, karena dipastikan itu penipuan,” jelasnya. 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Itera, Prof Sukrasno mengatakan Itera berupaya menyediakan sarana tes yang terbaik dan sesuai standar. Hal ini menjadi bagian peran Itera sebagai perguruan tinggi bidang teknologi, termasuk penyelenggaraan tes CPNS dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sebelumnya, Itera telah menyiapkan 400 unit komputer utama, dan 40 komputer cadangan dalam tes SKD CPNS. Seluruh komputer dengan kualifikasi di atas standar yang ditetapkan BKN tersebut tersebar di tujuh ruangan yang dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 3 Itera.