BLT Untuk Pelajar Terdaftar PKH Sudah Bisa Dicairkan

Santoso Adhy/RMOLLampung
Santoso Adhy/RMOLLampung

Pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA di Kota Bandarlampung yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan langsung tunai (BLT).


Kepala Bidang Jaminan Bantuan Sosial (Jambansos) Bandarlampung, Santoso Adhy mengatakan setiap jenjang pendidikan menerima BLT dengan nominal berbeda.

"Pelajar SD atau sederajat Rp900 ribu per tahun, pelajar SMP/sederajat Rp1,5 juta per 1 tahun, dan pelajar SMA/sederajat Rp2 juta per 1 tahun," kata Santoso kepada Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (13/1).

Menurutnya, BLT tersebut diberikan dalam 4 kali pencarian yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober. "Bulan ini sudah dicairkan dari Senin (4/1) lalu, melalui ATM BRI yang dimiliki penerima manfaat," ujarnya.

Santoso mengaku belum mengetahui jumlah pasti penerimaan BLT tersebut, pasalnya Kementerian Sosial yang langsung mengirimkan ke ATM penerimaan manfaat. 

"Tahun lalu jumlah penerima PKH sebanyak 35 ribu, kalau jumlah penerima tahun ini belum tahu. Biasanya awal Februari kita akan melakukan rekon dengan BRI untuk mengetahui jumlahnya," jelasnya. 

Selain pelajar, ibu hamil dan anak usia dini serta lansia juga menerima BLT ini. Ibu hamil dan anak usia dini mendapatkan bantuan Rp 3 juta per 1 tahun. Penyandang disabilitas dan lansia (>70 tahun) mendapat Rp 2,4 juta per 1 tahun.