BMKG Beri Peringatan Banjir Rob di Lima Wilayah di Lampung, Warga Diminta Waspada

Ilustrasi banjir rob yang pernah melanda Kota Bandar Lampung / istimewa
Ilustrasi banjir rob yang pernah melanda Kota Bandar Lampung / istimewa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung menerbitkan peringatan dini pasang maksimum yang diprediksi melanda lima wilayah pesisir di Lampung.


Di antaranya, Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran dan Pesisir Timur Lampung.

"Untuk Bandar Lampung di Pesisir Panjang, Pesisir Teluk Betung Selatan, Bumi Waras dan Teluk Betung Timur, ujar Forecast on Duty BMKG Maritim Lampung Meldisa Putri Maulidyah, Minggu (23/10) malam.

Ia mengatakan, pasang maksimum yang menyebabkan banjir rob ini diprediksi akan terjadi pada 26-31 Oktober 2022.

Hal ini terjadi akibat adanya fase bulan baru pada 25 Oktober 2022 mendatang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 29 Oktober berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut yang lebih signifikan.

"Masyarakat pesisir diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang juga berpotensi menyebabkan banjir rob," kata dia.

Meldisa menambahkan, secara umum kondisi ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir seperti bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir dan perikanan darat.