BPBD Petakan 5 Kabupaten Paling Rawan Banjir Dan Longsor

Rudi Syawal (kiri) dan Effendy Arsyad/RMOLLampung
Rudi Syawal (kiri) dan Effendy Arsyad/RMOLLampung

Ada 5 kabupaten di Lampung  yang masuk zona paling rawan banjir dan longsor di Lampung. Yakni Lampung Barat, Pesisir Barat, Pesawaran, Tanggamus dan Lampung Utara. 

"Hampir seluruh daerah di Lampung rawan bencana hidrometeorologi, tetapi yang paling darurat lima," kata Kepala BPBD Lampung Rudi Syawal Sugiarto, Jumat (20/11).

Menurutnya, BPBD terus berupaya mengantisipasi datangnya bencana dengan selalu siap siaga. "Pihak kami siap siaga terkait bencana yang ada di Lampung," ucapnya.

Kasubdit Kedaruratan BPBD Effendy Arsyad, menjelaskan BPDB telah melakukan pemetaan intensitas banjir dan curah hujan yang tinggi di Lampung berdasarkan karakter daerah masing-masing. 

"Seperti Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Utara dan Pesawaran memiliki karakter tanah yang labil, struktur daerah berbukit, curah hujan tinggi, jadi rawan bencana longsor serta banjir," jelasnya.

Namun, untuk mengantisipasi hal tersebut BPBD  akan melakukan kajian resiko bencana seperti memetakan daerah rawan bencana mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, RW hingga RT. 

Selain kajian resiko bencana juga dilakukan dengan pemenuhan kapasitas dan kemampuan kita menghadapi bencana.

"Seperti masyarakat kita berikan pelatihan, salah satunya yang dilakukan oleh bidang kesiapsiagaan dengan membentuk desa tangguh bencana," tutupnya.