BTN Raih Best Asia's Transformation Bank 2022, Dirut BTN: Picu Semangat BTN Kurangi Backlog Perumahan

Bank Tabungan Negara (BTN)./Net.
Bank Tabungan Negara (BTN)./Net.

Majalah ekonomi ternama di Eropa, Euromoney, menilai Bank BTN dinilai telah menjalani transformasinya dengan baik dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan.


Atas prestasinya tersebut, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meraih penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022 di ajang Euromoney Awards of Excellence 2022 yang digelar Euromoney. 

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, apresiasi dari pihak luar dalam hal ini Euromoney merupakan salah satu pengakuan yang akan menjadi pemicu semangat Bank BTN dalam menjalankan amanahnya sebagai mitra Pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan. 

Haru menilai penghargaan tersebut tidak akan diraih tanpa kerjakeras seluruh pegawai Bank BTN dan dukungan dari Pemerintah serta para stakeholder lainnya.

“Apa yang kami jalankan dalam beberapa tahun terakhir masih on track dalam misi kami menjadi Best Mortgage Bank. Kami terus menerus melakukan inovasi, berapatasi dengan dinamika bisnis perbankan maupun properti untuk memberikan layanan terbaik baik masyarakat,” kata Haru dalam Siaran Pers yang diterima Kantor Berita RMOL, Minggu (17/07).

Dalam ajang Euromoney Awards of Excellence 2022, Euromoney menilai Bank BTN berhasil bertindak sebagai akselerator Program Sejuta Rumah yang diinisiasi Pemerintah sejak tahun 2015 sebagai solusi dari backlog perumahan nasional yang diperkirakan mencapai 11,4 juta rumah. 

BTNI berhasil tampil sebagai bank yang fokus pada perumahan di Indonesia, dengan KPR mencapai 89% dari portofolio kredit 

Menurut Euromoney, Bank BTN dinilai pada posisi yang tepat untuk menjadi mitra Pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan, tetapi peran tersebut sempat terhambat oleh Covid-19. Dimana pandemi mendisrupsi aktivitas ekonomi dan menurunkan daya beli masyarakat, mengurangi permintaan KPR dan kemampuan untuk membayar angsuran. Hal tersebut berdampak pada rasio kredit bermasalah dan ketatnya likuiditas serta naiknya biaya dana.

Euromoney mengapresiasi Bank BTN yang telah mencanangkan program transformasi dengan visi menjadi Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025. 

Dalam mewujudkan posisinya tersebut Bank BTN menjalankan setidaknya lima hal yaitu Repricing dana pihak ketiga dengan melakukan rekomposisi pendanaan yang lebih fokus ke dana murah, pengembangan produk tabungan baru. Kemudian mengembangkan pinjaman untuk segmen milenial mengembangkan bisnis di sepanjang rantai pasok perumahan,  membangun ekosistem Digital Mortgage dan membangun sentralisasi proses operasional serta memperkuat permodalan.

Euromoney menggarisbawahi beberapa langkah transformasi yang dijalani Bank BTN telah menunjukkan hasil, di antaranya produk Tabungan BTN Investa dan Tabungan BTN Bisnis yang baru diluncurkan dapat membantu mengurangi biaya dana mahal. 

Selain itu, sebut Euromoney, model operasional kantor cabang telah diubah untuk lebih berorientasi pada peningkatan jumlah simpanan dan fokus pada emerging affluent, dan hal tersebut sudah terlihat pada peningkatan rekening giro dan tabungan, yang tumbuh (dari basis rendah) sebesar 21,5% secara tahunan. 

Euromoney menyebutkan, kemitraan strategis terus dibangun BTN dengan berbagai lembaga/instansi atau perusahaan lain dalam rantai bisnis real estat dan untuk menjangkau segmen millenial. Selain hal tersebut, proses digitalisasi berkembang pesat, dengan akuisisi seluler naik 55% YoY pada 2021, dan volume transaksi 73% yoy.

“Masih banyak yang harus dilakukan, namun upaya Bank BTN yang dipimpin oleh Direktur Utama Haru Koesmahargyo patut diapresiasi tahun ini,” jelas Editor Euromoney dalam ulasan Best Asia’s Transformation Bank 2022.